Hal Blaine Drummer Peraih Grammy Meninggal pada Usia 90 Tahun

Oleh: Fahlemi Faradela - 12 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Setelah memenangkan Grammy Lifetime Achievement Award, nama Blaine kemudian dikenal oleh orang-orang di luar industri musik.
tirto.id - Drummer legendaris Hal Blaine meninggal pada Senin (11/02/2019). Blaine yang terkenal karena soundtrack one-man virtual pada 1960-an dan 70-an ini meninggal pada usia 90 tahun di rumah pribadinya, Palm Desert, California.

Menantu Blaine, Andy Johnson mengatakan pada Associated Press News (AP News) Blaine meninggal karena sebab alamiah.

Blaine menjadi drummer untuk lagu-lagu hit Frank Sinatra, Elvis Presley, dan Beach Boys. Personel The Beach Boys Brian Wilson menyebut Blaine "drummer terhebat yang pernah ada."

"Hal Blaine adalah seorang musisi dan teman yang hebat hingga saya tidak dapat mengungkapkannya dengan kata-kata," kata Wilson di akun Twitter disertai foto lama dirinya dan Blaine yang duduk di depan piano.

"Hal banyak mengajari saya, dan dia melakukan banyak hal yang berhubungan dengan kesuksesan kami-dia adalah drummer terhebat yang pernah ada," lanjut Wilson.

Setelah memenangkan Grammy Lifetime Achievement Award tahun lalu, nama Blaine kemudian dikenal oleh orang-orang di luar industri musik. Akan tetapi, orang-orang yang sering mendengar radio atau televisi pasti pernah mendengar gebukan drum Blaine pada beberapa lagu.

Blaine terlibat dalam lagu “Return to Sender” Elvis Presley, "Mr. Tambourine Man" the Byrd, "The Way We Were" Barbra Streisand, "Good Vibration" The Beach Boys, dan puluhan hit yang diproduksi oleh Phil Spector, dan lagu-lagu "Batman", ”Part The Partridge Family” dan puluhan lainnya.

Sebagai anggota band yang berbasis di Los Angeles, The Wrecking Crew yang juga digawangi keyboardis Leon Russell, bassis Carol Kaye dan gitaris Tommy Tedesco ini, Blaine menempa keahlian dengan kerja keras yang membuatnya beradaptasi dengan cepat di berbagai macam musik populer.

Menurut Hall of Fame Rock & Roll, ia bermain di 40 hit No. 1, 150 lagu top 10. Blaine juga bermain di delapan lagu yang memenangkan Grammy sebagai rekor terbaik tahun ini, termasuk "Strangers In the Night" Sinatra dan "Bridge Over Troubled Water" karya Simon & Garfunkel.


Baca juga artikel terkait HAL BLAINE atau tulisan menarik lainnya Fahlemi Faradela
(tirto.id - Humaniora)


Penulis: Fahlemi Faradela
Editor: Dipna Videlia Putsanra