Hadiri Pelantikan Jokowi, Prabowo dan Sandiaga Tiba di DPR

Oleh: Fadiyah Alaidrus - 20 Oktober 2019
Prabowo siap dukung pemerintahan jokowi lima tahun ke depan.
tirto.id - Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno hadir dalam mobil yang sama ke Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, untuk menghadiri acara pelantikan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin (Jokowi-Ma'ruf) hari ini (20/10/2019).

Rival Jokowi-Maruf dalam Pilpres itu tiba di kompleks DPR sekitar pukul 12.50 WIB. Kepada awak media, Prabowo berkata bahwa dirinya dan partai Gerindra siap mendukung jalannya pemerintahan Jokowi dan Maruf lima tahun ke depan.

"[Harapannya] menunjukkan ke seluruh dunia sekarang kami ini ingin bersama-sama membangun bangsa," ujar Sandiaga selepas turun dari mobil menuju ke acara pelantikan, pada Minggu (20/10/2019).

Pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin menjadi pemenang dalam hasil rekapitulasi yang digelar Komisi Pemilihan Umum, Selasa (21/5/2019) dini hari. Pasangan petahana ini mengungguli lawannya Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam palagan menjadi pemimpin Indonesia.

Dalam rekapitulasi yang dilakukan KPU, pasangan nomor urut 01 ini memperoleh suara sebesar 85.607.362 atau sekitar 55,50 persen.

Joko Widodo dan Ma'ruf Amin akan dilantik oleh MPR sebagai presiden dan wakil presiden RI periode 2019-2024. Hal ini ditandai dengan pengucapan sumpah jabatan oleh keduanya dan penandatanganan berita acara pelantikan yang dilaksanakan hari ini, Minggu (20/10/2019).

Rencanannya, acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan dan penyerahan berita acara itu kepada Jokowi-Ma'ruf Amin. Selain itu, ada penyerahan kekuasaan simbolik, yaitu Jokowi dipersilakan duduk di kursi presiden dan Ma'ruf Amin duduk di kursi wapres menggantikan Jusuf Kalla.

Pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih akan disaksikan sebanyak 711 Anggota MPR 2019 2024. Diagendakan akan hadir pula Wakil Presiden Jusuf Kalla, Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, dan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).


Baca juga artikel terkait PELANTIKAN PRESIDEN 2019 atau tulisan menarik lainnya Fadiyah Alaidrus
(tirto.id - Politik)

Reporter: Fadiyah Alaidrus
Penulis: Fadiyah Alaidrus
Editor: Hendra Friana
DarkLight