Menuju konten utama
Natal 2022 dan Tahun Baru 2023

H-1 Natal, Pengguna Kereta Jarak Jauh dari Jakarta Masih Ramai

Total hari ini terdapat 36.100 pengguna jasa yang akan berangkat, baik dari Stasiun Pasar Senen dan juga Stasiun Gambir.

H-1 Natal, Pengguna Kereta Jarak Jauh dari Jakarta Masih Ramai
Sejumlah penumpang mengantre untuk memasuki gerbong kereta api Bangunkarta jurusan Jombang di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (23/12/2022). ANTARA FOTO/Darryl Ramadhan/tom.

tirto.id - Pengguna jasa kereta api jarak jauh di Stasiun Gambir dan Pasar Senen, Jakarta Pusat, masih ramai sehari menjelang perayaan Natal 2022, Sabtu (24/12/2022).

“Total hari ini terdapat sekitar 36.100 pengguna jasa yang akan berangkat, baik itu dari Stasiun Pasar Senen dan juga Stasiun Gambir,” kata Kepala Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Eva Chairunisa di Stasiun Gambir Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan pengguna jasa di area Daop 1 Jakarta yang berangkat menggunakan kereta api jarak jauh diperkirakan masih mengalami peningkatan yang cukup signifikan mengingat penjualan tiket masih dilakukan untuk perjalanan sampai KA terakhir malam nanti.

Eva mengatakan total tempat duduk yang dialokasikan selama libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 mulai 22 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023 sebanyak 736.406 kursi.

Total KA yang disiapkan berjumlah 1.221 unit, dengan rata-rata operasional per hari berkisar 68 unit KA. Sedangkan KA tambahan berjumlah 339 unit dengan operasional per hari berkisar 19 unit KA.

Eva mengatakan untuk Stasiun Gambir hari ini terdapat sekitar 13.900 orang pengguna jasa yang berangkat dengan layanan operasional 37 unit KA.

Sedangkan pengguna jasa di Stasiun Pasar Senen terdapat sekitar 22.200 penumpang yang berangkat dengan layanan operasional KA sebanyak 32 unit KA itu, sudah termasuk perjalanan rangkaian KA tambahan.

"Jadi memang dalam rangka menyiapkan Natal dan tahun baru ini kami persiapkan dari berbagai sisi, baik itu sarana prasarana ataupun petugas," kata dia.

Dari mulai penambahan KA per hari sekitar 19 sampai dengan 20 unit KA yang berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen, hingga melakukan penambahan petugas pengamanan hingga 600 personel gabungan.

Selain itu, KAI juga menempatkan customer service mobile yang berada di area zona 3 atau steril, sebelum penumpang naik ke kereta api.

“Jumlahnya kami tambah dengan harapan bisa membantu pengguna untuk mendapatkan informasi yang mungkin belum diketahui dan juga mengarahkan calon pengguna jasa ataupun pengantar agar tidak menumpuk di satu titik tertentu sehingga tidak mengganggu penumpang," katanya.

Khusus untuk Stasiun Pasar Senen dan Gambir, kata Eva, KAI juga menambah area-area boarding atau pemeriksaan tiket sehingga antrean penumpang pada saat akan naik ke kereta ini bisa lebih terurai.

Baca juga artikel terkait NATAL 2022

tirto.id - Ekonomi
Sumber: Antara
Editor: Abdul Aziz