Gusti Randa Janji Benahi Kinerja Wasit untuk Atasi Pengaturan Skor

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 19 Maret 2019
Kinerja wasit di kompetisi sepakbola Indonesia memang sedang jadi sorotan.
tirto.id - Plt Ketua Umum PSSI yang baru, Gusti Randa bakal melakukan terobosan terkait penugasan wasit di Liga 1, Liga 2, bahkan Liga 3. Menurut Gusti, kebijakan itu perlu ditempuh guna menghindari suara-suara sumbang terhadap kinerja wasit di persepakbolaan Indonesia.

"Jangan ada lagi wasit di-entertain oleh tuan rumah. Kalau ada yang seperti itu, akan kami ganti langsung," kata Gusti Randa saat dijumpai di kawasan Gelora Bung Karno, Selasa (19/3/2019).

Saat ditanya soal terobosan yang dimaksud, Gusti enggan merinci secara detail. Namun, dia menegaskan, apabila terbukti ada wasit yang melakukan pelanggaran, maka PSSI siap menggantinya setiap saat.

"Karena kan enggak mungkin juga kalau wasit itu kita umpetin sejam sebelum pertandingan," imbuh Gusti.

Baru-baru ini, kinerja wasit di kompetisi sepakbola Indonesia memang sedang jadi sorotan. Mansyur Lestaluhu, salah seorang staf Departemen Penugasan Wasit PSSI bahkan ditetapkan sebagai tersangka kasus pengaturan skor oleh Satgas Antimafia Bola Polri.

Dalam program Mata Najwa Darurat Sepakbola bulan Februari lalu, salah satu narasumber anonim yang merupakan perangkat pertandingan Liga 1 bahkan menyebut seluruh wasit yang bekerja di Liga 1 tahu betul mengenai keberadaan fenomena pengaturan skor.

Menyoal hal itu, Gusti mengatakan enggan berpolemik. "Yang penting sekarang integritas wasit sendiri harus diperbaiki. Kami harus menyongsong sesuatu yang baru," tandasnya.


Baca juga artikel terkait SKANDAL PENGATURAN SKOR atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Hard News)

Reporter: Herdanang Ahmad Fauzan
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Alexander Haryanto