Gugus Tugas: 132.798 WNI Kembali ke Indonesia, 591 Positif Covid-19

Oleh: Andrian Pratama Taher - 18 Mei 2020
Tim Gugus Tugas mencatat sekitar 132.798 orang Warga Negara Indonesia dari luar negeri telah kembali ke Tanah Air, 591 orang di antaranya positif dinyatakan Covid-19.
tirto.id - Tim Gugus Tugas mencatat sekitar 132.798 orang Warga Negara Indonesia dari luar negeri telah kembali ke Tanah Air. Jumlah tersebut terdiri atas anak buah kapal, pekerja migran serta pelajar. Dari ratusan ribu WNI yang kembali itu, 591 orang positif dinyatakan Covid-19.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Letjen Doni Monardo melaporkan kepada Presiden Jokowi jumlah WNI dari luar negeri yang kembali ke Indonesia. Ia mencatat jumlah WNI yang kembali lebih dari 130 ribu orang.

"Perkembangan warga negara Indonesia yang kembali dari luar negeri baik pekerja migran, ABK, termasuk juga para pelajar jumlahnya mencapai 132.798 orang," Kata Doni usai rapat bersama presiden dan jajaran secara virtual, Senin (18/5/2020).

Jenderal bintang tiga ini mengatakan, para WNI ini masuk lewat beberapa pintu agar pengawasan lebih mudah. Pintu tersebut berada di Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Jakarta dan Bali.

Berdasarkan laporan yang diterima Doni dari tim gabungan TNI-Polri beserta Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Kesehatan, sekitar 4000 orang berhasil dipulangkan dan tiba Indonesia. 2.850 WNI kini tengah menjalani tes swab sementara 1.493 orang sudah kembali ke daerah. Ia mengatakan, ada sekitar 200 lebih WNI yang kembali dari luar negeri berstatus positif Covid-19.

"Dari jumlah total tersebut yang telah diketahui hasil swabnya adalah 279 orang positif Covid dan sekarang mendapatkan perawatan di wisma atlet," kata mantan Danjen Kopassus itu.

Sementara itu, untuk pintu masuk Bali, Doni menerima laporan ada sekitar 15.300 orang tiha di Indonesia. WNI yang mayoritas ABK juga teridentifikasi positif Covid. Saat ini, para WNI positif Covid-19 tengah ditangani di rumah sakit di Bali.

"Dari hasil pemeriksaan abk wni melalui pintu Bali terdapat 312 orang yang positif COVID-19 dan saat ini dilaksanakan perawatan di 13 rumah sakit rujukan di wilayah Denpasar dan sekitarnya," kata Doni.


Baca juga artikel terkait PANDEMI CORONA atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Maya Saputri
DarkLight