La Liga Spanyol 2019/2020

Griezmann & Daftar Pemain Mahal Barcelona yang Mengecewakan

Oleh: Beni Jo - 3 Juli 2020
Dibaca Normal 2 menit
Ada beberapa pemain mahal yang dibeli Barcelona namun gagal bersinar, salah satunya Antoine Griezmann.
tirto.id - Barcelona beberapa kali membeli pemain mahal. Namun, di antaranya justru tampil di bawah ekspektasi. Salah satunya Antoine Griezmann, eks bintang Atletico Madrid yang diboyong dengan mahar 120 juta euro namun performanya mengecewakan sejauh ini.

Kedatangan Griezmann dari Atletico Madrid merupakan sejarah tersendiri bagi Blaugrana pada awal musim 2019/2020. Striker tim nasional Perancis ini adalah pembelian termahal ketiga yang pernah dilakukan oleh El Blaugrana.

Pemain termahal pertama Barca adalah Philippe Coutinho senilai 145 juta euro dari Liverpool. Kemudian Ousmane Dembele yang diangkut dari Borussia Dortmund dengan tebusan 125 juta euro.

Tetapi, harapan dan kenyataan berbicara lain. Sempat digadang-gadang menjadi bagian penting dari trisula maut bersama Lionel Messi dan Luis Suarez, Griezmann justru kurang mendapatkan kepercayaan dari pelatih Quique Setién.

Sejak restart Liga Spanyol 2019/2020, Griezmann hanya sekali saja diturunkan penuh sepanjang laga, yakni ketika meladeni Leganes di Camp Nou. Sementara dalam tiga duel lainnya, ia terpaksa menghuni bench pemain terlebih dahulu alias hanya turun sebagai pemain pengganti.

Bahkan, ketika meladeni bekas klubnya, Atletico Madrid, pekan lalu, Griezmann baru dimasukkan pada menit ke-90 menggantikan Arturo Vidal. Praktis, dirinya hanya menginjakkan kaki sekitar tiga menit saja di atas rumput lapangan Stadion Camp Nou.

Atas situasi yang dihadapi oleh Antoine Griezmann ini, sang agen pemain dilaporkan bakal segera menggelar pertemuan dengan pihak klub pada pekan depan.


Bertahan atau Hengkang?

Dikutip dari Marca, pihak Griezmann yang akan berbicara dengan Barcelona terkait masa depan peraih trofi Piala Dunia 2018 bersama Timnas Perancis ini.

Griezmann sendiri tampaknya tidak akan meninggalkan Camp Nou dalam waktu dekat. Begitu pula dengan pandangan Barca yang tidak mau sang pemain pindah. Bahkan, untuk kesepakatan pertukaran pemain pun, kedua belah pihak sama-sama tidak menginginkannya.

Di musim debutnya untuk Barca, pemilik sejumlah 78 caps bersama Les Blues itu mencatatkan 43 laga di semua kompetisi, 32 di antaranya di Laliga 2019/2020. Total, Griezmann melesakkan 14 gol di semua ajang.

Berdasarkan catatan Whoscored, Griezmann hanya mencetak satu gol saja selama 10 penampilan terakhir, yakni saat mengoyak gawang Napoli di leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2019/2020.

Jam terbang yang minim membuat saudaranya, Theo Griezmann, merasa kecewa berat dan melampiaskan hal tersebut melalui media sosial pribadinya.

"Hanya dua menit. Saya benar-benar ingin menangis saja, serius," cuit Theo, seolah menyindir kesempatan yang diberikan oleh Setién dalam laga melawan Atletico Madrid lalu.


Bintang Mahal Gagal Bersinar

Selain Antoine Griezmann, ada beberapa pemain bintang lainnya yang gagal bersinar di Barcelona meskipun dibeli dengan harga mahal.

Pada 6 Januari 2018, misalnya, Philippe Coutinho didatangkan dari Liverpool. Namun, harga 145 juta euro tidak lantas membuat pemain asal Brasil ini langsung menjadi andalan Barcelona.

Coutinho bertahan di Camp Nou hanya 1,5 musim saja dengan catatan 76 laga dan mencetak 21 gol di semua ajang sebelum dipinjamkan ke Bayern Munchen pada musim 2019/2020 hingga kini.

Berikutnya ada Ousmane Dembele yang digaet dari Borussia Dortmund pada 2017 silam. Winger muda kelahiran Perancis ini tampil dalam 74 laga dan mengoleksi 19 gol di semua ajang selama tiga musim terakhir di Barcelona.

Namun, pemain 23 tahun ini hanya bermain 5 kali saja selama gelaran kompetisi 2019/2020 dan kerap didera cedera. Selain itu, Ousmane Dembele juga beberapa kali menunjukkan sikap indisipliner.

Jauh sebelumnya, ada Zlatan Ibrahimovic. Didatangkan dari Inter Milan dengan banderol 69,5 juta euro, bomber Swedia ini hanya betah satu musim saja di Camp Nou. Ia akhirnya dipinjamkan ke AC Milan pada 2010/2011 sebelum dipermanenkan oleh klub Italia tersebut.

Belum lama ini, Barcelona menghadirkan Miralem Pjanic dari Juventus dengan mahar 60 juta euro setelah melepas Arthur Melo ke Bianconeri.

Menarik dinanti, apakah gelandang Timnas Bosnia-Herzegovina itu bisa menunjukkan tajinya bersama Lionel Messi dan kawan-kawan, atau justru melempem seperti para bintang yang sudah-sudah.

Baca juga artikel terkait BARCELONA atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight