Grammy 2019: Dua Lipa Menang Best New Artist & Dance Performance

Oleh: Anggit Setiani Dayana - 11 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Grammy Awards 2019 diselenggarakan hari ini, Dua Lipa menangkan kategori “Best Dance Performance” dan “Best New Artist”.
tirto.id - Dua Lipa menang Grammy Awards 2019 untuk kategori “Best Dance Performance” dan “Best New Artist”. Ajang penghargaan musik tahunan Grammy Awards ke-61 tahun 2019 dihelat hari ini, Minggu (10/2/2019) di Staples Center, Los Angeles, dan disiarkan secara langsung di channel CBS, serta dipandu oleh Alicia Keys.

Untuk kategori “Best New Artist”, Dua Lipa berhasil mengalahkan para nominator lain seperti Chloe x Halle, Luke Combs, Greta Van Fleet, H.E.R., Margo Price, Bebe Rexha, dan Jorja Smith.

Selain itu, Dua Lipa memenangkan kategori “Best Dance Performance” untuk video klip “Electricity”.

“Electricity”, lagunya dengan Mark Ronson dan Diplo diumumkan menang sebelum acara Grammy, saat dia sedang bersiap ke acara tersebut.

Melansir E News, Dua Lipa menyayangkan tidak dapat hadir untuk menerima penghormatan secara langsung di Staples Center, tapi Dua Lipa membeberkan reaksi saat mengetahui kemenangannya melalui sebuah video yang di unggahnya di akun Instagram.

Dalam akun instagramnya, ditampilkan sebuah video yang menampilkan wajahnya tanpa make up, sedang melihat pengumuman acara kemenangan Grammy. Saat Electricity disebut menjadi pemenang nominasi “Best Dance Performance”, Dua Lipa berteriak histeris.

Sontak pelantun lagu “IDGAF” tersebut menulis dalam akun twitternya, “aku tidak percaya aku menangis sebelum acara Red Carpet. Mata merahku akan serasi dengan karpetnya, aku yakin."


Kemenangan ini menjadi piala Grammy pertama Dua Lipa. Penyanyi kelahiran London ini memulai debutnya tahun 2015 dengan lagu “New Love”. Lagu-lagunya seperti New Rules, IDGAF, dan Electricity berhasil merajai top Chart musik di berbagai negara.

Tahun 2018, Dua Lipa juga memenangkan D&AD Awards untuk kategori “Direction for Music Video”, GQ Men of The Year untuk kategori “Solo After of The Year”, Radio Disney Music Awards kategori “Best Song to Lip Sync To”, dan SCTV Awards untuk “Young and Promising International Artist” juga beberapa penghargaan lainnya.

Tahun ini sekaligus menjadi tahun pertama bagi Dua Lipa masuk kedalam nominasi di Grammy Awards. Kemenangan Electricity untuk Best Video Performance mengalahkan nominasi lainnya, yaitu Northern Soul dari Above & Beyon ft. Richard Bedford, Ultimatum dari Disclosure ft. Fatoumata DIawara, Losing It dari Fisher, dan Ghost Voices dari Virtual Self.

Tidak hanya sebagai penyanyi, Dua Lipa juga memproduksi musik dan video klip musik dengan labelnya sendiri, Dua Lipa Limited. Artis asal Kosovo ini memahami bahwa penghargaan ini adalah penghormatan tertinggi untuk industri musik.

“Ini adalah nominasi terbesar yang bisa kau dapatkan. Banyak artis kulihat masuk ke dalam nominasi seumur hidupku, dan bagiku ini mendebarkan. [Aku berasal] dari Kosovo dan membayangkan betapa berartinya ini untuk keluargaku di rumah. Ini juga sangat berarti bagiku. Aku merasa mewakili tidak hanya diriku, tapi juga Britania Raya dan Kosovo. Ini adalah momen membanggakan bagi ku,” katanya dikutip Billboard.


Baca juga artikel terkait GRAMMY AWARDS 2019 atau tulisan menarik lainnya Anggit Setiani Dayana
(tirto.id - Musik)


Penulis: Anggit Setiani Dayana
Editor: Yulaika Ramadhani