Grab Nyatakan Kenaikan Tarif Hanya Situasional

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 26 Desember 2019
Grab mengakui kenaikan tarif bersifat situasional. Gojek memastikan kenaikan tarif sudah memperhitungkan kemampuan konsumen.
tirto.id - Grab Indonesia menjelaskan kenaikan harga yang baru-baru ini menjadi bahan perbincangan masyarakat bersifat situasional. Mereka menegaskan kalau kenaikan harga yang dirasakan tidaklah permanen.

Perubahan tarif ini disebut lumrah karena ada waktu tertentu ketika jumlah pengemudi menurun baik itu. Lalu penyebab lainnya juga terkait momentum liburan maupun hujan yang melanda Jakarta akhir-akhir ini.

“Di momen liburan dan musim hujan seperti ini, kenaikan harga bisa terjadi karena menurunnya jumlah mitra pengemudi yang tersedia. Kenaikan harga yang mungkin dialami hanya terjadi secara situasional saja, dan tidak permanen,” ucap juru bicara Grab Indonesia dalam keterangan tertulis yang diterima reporter Tirto, Kamis (26/12/2019).

Sementara itu, Grab Indonesia juga memastikan bahwa mereka tetap menyediakan promosi. Konsumen juga tetap dapat menggunakan layanan paket langganan yang memberi sejumlah potongan harga.

“Untuk promo, juga masih tersedia berdasarkan kebiasaan tiap pengguna. Atau bisa juga memanfaatkan paket hemat langganan,” ucap juru bicara Grab Indonesia.

Menurut informasi yang diterima reporter Tirto, kenaikan harga ini akan terjadi sampai 2 Januari 2020 mendatang. Namun, selebihnya belum ada kejelasan bilamana pola serupa akan berlanjut usai libur natal dan tahun baru berakhir.

Dari pantauan reporter Tirto di Twitter, keluhan mengenai kenaikan harga ini sudah mulai berlangsung sejak 18-20 Desember 2019 lalu. Beberapa konsumen mengeluhkan adanya perbedaan harga dari biasanya dan semakin minimnya promo yang diberikan penyedia layanan aplikasi.




Sementara itu, di tengah pergunjingan warganet terkait mahalnya tarif ojek online (ojol) yang mereka rasakan, Go-jek Indonesia membenarkan kalau akhir-akhir ini memang ada penyesuaian harga. Namun, mereka memastikan kalau penyesuaian harga itu sudah memperhitungkan kemampuan konsumen.

“Untuk memastikan tersedianya layanan yang mampu menjawab kebutuhan pelanggan, Gojek melakukan penyesuaian biaya tarif layanan,” ucap Sr. Manager Corporate Affairs Gojek, Alvita Chen dalam keterangan tertulisnya, Kamis (26/12/2019).


Baca juga artikel terkait TARIF OJOL atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Nurul Qomariyah Pramisti
DarkLight