Google Update Pengguna Dapat Mengedit Langsung Dokumen di Gmail

Oleh: Balqis Fallahnda - 16 Desember 2020
Dibaca Normal 1 menit
Google mengatakan pembaruan ini akan memudahkan pengguna untuk membalas utas email yang menampilkan file Office.
tirto.id - Google mempermudah aplikasi Workspace untuk bekerja dengan Microsoft Office. Pengguna kini dapat membuka dan mengedit lampiran Office yang dikirim melalui Gmail langsung di Dokumen, Spreadsheet, atau Slide, tanpa harus menyimpannya di Drive terlebih dahulu.

Google mengatakan pembaruan ini akan memudahkan pengguna untuk membalas utas email yang menampilkan file Office. Selain itu, Google juga mempermudah pembuatan dan pengerjaan dokumen yang membutuhkan banyak orientasi halaman di Docs, demikian melansir Gadgets 360 NDTV.

Perubahan ini hadir sebagai dua fitur baru. Pertama, pengguna saat ini dapat langsung membuka file Office yang dikirimkan kepada pengguna sebagai lampiran di aplikasi Google Workspace terkait.

Dokumen Word akan terbuka di Dokumen, PowerPoint di Slide, atau aplikasi yang relevan untuk file yang ada. Fitur ini tidak seperti pengeditan dalam baris yang dimiliki Microsoft di Outlook.com, tetapi cukup dekat untuk membuat perbedaan menjadi tidak relevan.

Kedua, pengguna saat ini dapat mengirim balasan ke utas email itu langsung dari file yang diedit.

“Sebelumnya, pengguna harus menyimpan file ke Drive sebelum dapat menggunakan fitur pengeditan Office G Suite. Dengan peluncuran ini, mereka dapat membuka file lebih cepat dan membalas utas email yang menampilkan file Office dengan lebih mudah," ujar Tim Ruang Kerja Google.

Ini hanyalah salah satu langkah Google untuk memanfaatkan Gmail sebagai alat yang menarik orang lain ke ekosistem produktivitas yang lebih luas.

Seluruh Workspace mengubah nama Gmail menjadi lebih dari sekedar klien email sederhana. Dengan Obrolan dan Bertemu hanya dengan sekali klik dan file Office sekarang dapat diedit dari kotak masuk pengguna, Google mungkin berharap pengguna tidak perlu masuk ke aplikasi lain untuk bekerja selama memiliki akun Gmail atau Google Workspace.

Perubahan baru ini diluncurkan untuk pengguna Google Workspace dengan paket Business Starter, Business Standard, Business Plus, Enterprise Standard, dan Enterprise Plus.

Fitur ini juga akan hadir untuk pelanggan G Suite Basic, Business, Education, Enterprise for Education, dan Nonprofits.

Namun, tidak akan tersedia untuk pelanggan Google Workspace Essentials dan Enterprise Essentials. Pelanggan yang memenuhi syarat akan melihat perubahan dalam 15 hari, atau selambat-lambatnya tanggal 25 Desember 2021 mendatang, demikian dikutip Android Central.


Baca juga artikel terkait GOOGLE atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight