Google Ubah Nama G Suite for Education Jadi Workspace for Education

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 18 Februari 2021
Penggantian nama ini menyusul perubahan layanan G Suite menjadi Google Workspace mulai Oktober tahun lalu
tirto.id - Google mengumumkan bahwa mereka telah mengganti nama layanan G Suite for Education menjadi Google Workspace for Education.

Penggantian ini menyusul perubahan layanan G Suite menjadi Google Workspace mulai Oktober tahun lalu. Dikutip dari laman The Verge, Kamis (18/2), perubahan nama ini juga berlaku untuk sejumlah layanan yang sebelumnya berada di bawah G Suite for Education.

Edisi gratis yang semula bernama G Suite berubah menjadi Google Workspace for Education Fundamentals, sementara G Suite Enterprise for Education menjadi Google Workspace for Education Plus

Tidak hanya mengganti nama, Google juga mengubah kebijakan penyimpanan data untuk pengguna Google Workspace for Education. Pada layanan sebelumnya, Google memberikan penyimpanan tidak terbatas untuk institusi yang memenuhi syarat.

Tapi, mulai tahun depan, Google akan menerapkan penyimpanan data terpusat (pooled storage) untuk sekolah, mulai dari 100TB.

Kebijakan Google Workspace for Education ini akan berlaku mulai July 2022.

Google juga akan mengintegrasikan layanan Meet dengan Classroom. Jika sudah terintegrasi, murid tidak bisa masuk ke Meet yang dibuat dari Classroom sebelum guru masuk.

Pengguna yang bisa masuk ke Google Meet yang dibuat dari Classroom akan dibatasi untuk orang-orang yang berada di daftar Classroom.

Google juga sedang mengembangkan adds-on dari penyedia layanan ketiga untuk Google Classroom di paket berlangganan Google Workspace for Education Plus.


Baca juga artikel terkait GOOGLE atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Teknologi)

Sumber: Antara
Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH
DarkLight