Google Meet Akan Bisa Diakses di Gmail, Video Meeting Lebih Praktis

Reporter: - 14 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Google mendorong Meet agar lebih populer dengan mempermudah aksesnya.
tirto.id - Meet akan bisa diakses langsung melalui Gmail dalam beberapa hari mendatang setelah Google menggratiskannya beberapa pekan lalu. Google kini mendorong aplikasinya itu makin populer dengan mempermudah akses orang menggunakan Meet.

"Dan untuk membuat rapat lebih mudah diakses dan bermanfaat, dalam beberapa hari mendatang Anda juga dapat menggunakan Meet langsung di Gmail," kata Wakil Presiden dan GM G Suite di Google, Javier Soltero, di blog perusahaan, dikutip Kamis (14/5/2020).

Meet akan tersedia di menu Gmail, sejajar dengan menu yang ada sekarang dan berada di bawah menu-menu seperti Inbox, Trash, dan lain-lain.

Klik "Mulai rapat" dan jendela baru konferensi video Meet terbuka untuk memulai rapat. Anda juga dapat dengan mudah bergabung dengan rapat yang dibagikan dengan Anda dengan memasukkan kode rapat.

Pengguna juga bisa merencanakan rapat video dan mengundang lainnya langsung dari Kalender Google.


Soltero juga mengatakan bahwa Google akan menambahkan fitur-fitur populer konferensi video pada Meet, termasuk penjadwalan rapat, berbagi layar dan text real time, serta tata letak yang beradaptasi dengan preferensi pengguna.

"[...] semua dibangun di atas infrastruktur global Google yang aman dan andal," katanya.

Untuk memudahkan pengguna dengan gangguan pendengaran (tuna rungu), Google juga telah menambahkan caption langsung otomatis berteknologi kecerdasan buatan (AI) di Meet.

Google AI juga memungkinkan untuk menyediakan fitur bermanfaat seperti mode cahaya rendah, yang secara otomatis dapat menyesuaikan video Anda untuk membuat Anda lebih terlihat oleh orang lain.

Sebelum digratiskan ke semua orang, dan hanya tersedia gratis bagi pengguna G Suite, pada Maret pengguna harian Meet naik 30 kali dari sebelumnya, dengan 3 miliar menit pertemuan video setiap hari.

Google Meet menggratiskan layanannya mulai awal Mei hingga 30 September 2020. Aplikasi berbasis pada kemampuan video konferensinya ini menjadi salah satu alternatif untuk virtual meeting selama WFH di tengah pandemi COVID-19.

Bulan lalu, Google Meet mendapatkan sekitar 3 juta pengguna baru setiap hari. Itu sebabnya Google membuat Meet bisa digunakan lebih banyak orang di seluruh dunia.


Cara Membuat Akun Google Meet

Pembuatan akun Google Meet tidaklah rumit. Apabila Anda telah memiliki akun Google (nama pengguna @ gmail.com), maka Anda hanya perlu masuk di meet.google.com yang dapat diakses melalui perangkat Anda.

Apabila Anda tidak memiliki akun Google tersebut, Anda akan diarahkan untuk membuatnya terlebih dahulu saat masuk ke dalam aplikasi Google Meet. Anda dapat menggunakan aplikasi Google Meet dengan cara sebagai berikut:

  1. Unduh aplikasi terlebih dahulu melalui Google Play Store di perangkat Android Anda, atau Apple Play Store di perangkat iOS. Anda juga dapat meengakses Google Meet melalui meet.google.com di komputer Anda.
  2. Buka aplikasi, lalu masukkan akun Google atau email Anda yang lain. Selain itu, Anda juga akan diarahkan secara otomatis untuk membuat akun Google saat sign-up.
  3. Proses pembuataan akun telah selesai, masukkan kode rapat untuk segera memulai koneksi dengan kerabat Anda.

Sebelumnya, Google Meet hanya tersedia sebagai bagian dari Google Suite yang hanya digunakan untuk menunjang produktivitas bisnis, organisasi, dan sekolah, dan berbayar setiap bulan.

Pertemuan melalui Google Meet dibatasi hingga 60 menit untuk produk gratis, akan tetapi hal tersebut tidak diberlakukan hingga kebijakan layanan gratis rampung pada 30 September 2020 mendatang.


Baca juga artikel terkait GOOGLE MEET atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Teknologi)

Sumber: Antara
Editor: Ibnu Azis
DarkLight