Google Lens Rilis 3 Fitur Baru untuk Bantu Produktivitas Selama WFH

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 13 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
Mengenal tiga fitur baru yang dirilis oleh Google Lens
tirto.id - Google Lens merilis tiga fitur baru yang diharapkan dapat meningkatkan produktivitas para penggunanya saat beraktifitas di rumah selama pandemi virus corona COVID-19 ini.

Google Lens sendiri merupakan sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi raksasa Google, yang bekerja dengan mengidentifikasi gambar untuk menghadirkan informasi.

Di masa pandemi virus corona ini, semua orang terbatas dalam melakukan kegiatan di luar rumah untuk menekan penularan virus.

Manajer Grup Produk Google Lens dan AR, Lou Wang, menuliskan bahwa Google Lens dapat membantu setiap anggota keluarga untuk lebih produktif dan menunjang eksplorasi hal-hal baru.

“Google Lens dapat membantu. Ketika aktivitas harian keluarga biasanya berjalan-jalan di sekitar rumah, Google Lens dapat membantu untuk mendapatkan informasi terkait berbagai hal seperti bunga apa yang ditanam di halaman depan rumah tetangga,” tulis Lou Wang.

Ketika mengarahkan kamera ponsel pada sebuah objek, Google Lens akan mengidentifikasi objek tersebut dengan membaca barcode, QR code, label, teks, atau memperlihatkan hasil pencarian dan informasi yang relevan terkait dengan objek. Begitulah bagaimana Google Lens bekerja.

Tiga fitur baru yang dirilis oleh Google Lens tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Menyalin teks dari buku ke laptop

Google Lens dapat digunakan untuk menyalin secara cepat isi teks di dalam buku, catatan, atau dokumen lain, dan menempelkannya di ponsel. Hal ini tentu saja akan mempersingkat waktu dalam menyelesaikan pekerjaan.

Ketika Anda memilih teks menggunakan Google Lens, Anda dapat mengeklik “salin ke komputer” untuk menempelkannya dengan cepat di perangkat apapun yang terkoneksi dengan Chrome.

2. Belajar kata dan bahasa baru dan bagaimana pengucapannya

Pencarian untuk mempelajari bahasa baru meningkat setiap tahunnya. Sementara itu, Google Lens dapat dimanfaatkan untuk membantu Anda menerjemahkan berbagai kata dalam bahasa Spanyo, Cina, dan 100 lebih bahasa lain hanya dengan membidikkan kamera pada teks yang Anda pelajari.

Lebih lanjut, Anda dapat pula menggunakan Google Lens untuk membantu Anda memahami bagaimana sebuah kata dilafalkan terlebih pada frasa-frasa yang sulit.

Pilih teks menggunakan Google Lens, dan klik ikon “dengarkan” untuk mendapatkan informasi bagaimana kata tersebut dilafalkan.

3. Memberikan informasi baru dengan cepat

Apabila Anda sedang membaca teks dan menemukan sebuah kata atau frasa yang tidak dipahami, Google Lens dapat membantu Anda untuk memahaminya. Pilih kata atau frasa yang tidak Anda pahami, lalu Google Lens akan menyuguhkan informasi terkait hal tersebut dengan cepat untuk membantu Anda belajar.



Cara Unduh dan Fitur lain Google Lens

Untuk mengakses Google Lens, Anda dapat mengunduh aplikasi tersebut melalui Google Play Store pada perangkat Android Anda atau Apple Store pada perangkat iOS. Google Lens mendapatkan penilaian sejumlah 4,5 bintang dari para pengguna di Google Play Store yang mengindikasikan kepuasan para penggunanya.

Sementara itu, berikut adalah fitur-fitur lain dari aplikasi Google Lens tersebut:

- Memindai dan menerjemahkan teks yang pengguna lihat
- Mengidentifikasikan hewan dan tumbuhan melalui kamera atau foto
- Menjelajahi berbagai tempat di sekitar Anda
- Membantu menemukan hidangan populer di menu restoran berdasarkan review Google Maps
- Memindai kode QR atau barcode dengan cepat.


Baca juga artikel terkait GOOGLE atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight