Google Doodle Rayakan Ultah Minarni Soedarjanto Si Ratu Badminton

Oleh: Sirojul Khafid - 10 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Minarni Soedarjanto, pemain perempuan badminton berbakat berjuluk “Ratu dari Semua Ratu Badminton.”
tirto.id - Google memperingati ulang tahun Minarni Soedarjanto ke-75 dengan menempatkan doodle perempuan membawa raket pada halaman pencarian, hari ini, Jumat 10 Mei 2019.

Apabila berbicara tentang pemain badminton perempuan Indonesia, seringkali merujuk pada nama Susi Susanti. Dia merupakan pemain peraih medali emas pertama Indonesia di ajang Olimpiade.

Selain Susi Susanti, kita memiliki Minarni Soedarjanto, pemain perempuan badminton berbakat berjuluk “Ratu dari Semua Ratu Badminton.”

Perempuan yang lahir di Pasuruan pada 1944 ini mengawali karier sebagai pemain badminton pada umur 13 tahun. Minarni mendapatkan gelar pertamanya pada kejuaraan nasional Badminton di Malang tahun 1959 saat berusia 15 tahun.

Kemudian Minarni terpilih sebagai pemain nasional untuk turnamen badminton perempuan dunia, Uber Cup pada 1960.

Walaupun saat itu Indonesia kalah, namun Minarni berhasil memenangkan pertandingan dalam beberapa tahun setelah itu, baik dalam tunggal putri maupun ganda putri.

Salah satu pencapaian terbaik Minarni yaitu memenangkan All England, kompetisi badminton tertua di dunia, dalam kategori ganda putri. Saat itu dia berpasangan dengan Retno Koestijeh. Kemenangan tahun 1968 tersebut merupakan kemenangan pertama Indonesia dalam ajang All England.

Pada tahun berikutnya, Minarni menjuarai kompetisi Amerika Serikat Terbuka dan Kanada Terbuka.

Tropi Uber Cup yang sudah dia perjuangkan pada kompetisi tahun 1963, 1966 dan 1969 belum juga bisa didapatkan. Sampai pada tahun 1972, kondisi saat Minarni sudah pensiun, perasaan penasaran akan juara Uber masih menggelayuti.

Kesempatan menjuarai Uber datang pada tahun 1975. Ibu tiga anak ini kembali menjadi pemain dan pelatih untuk tim Indonesia. Tim Indonesia melaju menuju final dan berhadapan dengan tim kuat Jepang. Indonesia berhasil mengalahkan Jepang.

Kemenangan tersebut menjadi tropi pertama Indonesia pada Uber Cup, dan tropi terakhir bagi Minarni dalam kariernya sebagai pemain badminton.

Perjuangan Minarni dan kawan-kawan membuka perjuangan pemain badminton Indonesia ke depannya. Selamat ulang tahun yang ke-75 “Ratu dari Semua Ratu Badminton.”


Baca juga artikel terkait GOOGLE DOODLE atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Yulaika Ramadhani