Google Doodle Rayakan Arati Saha Hari Ini: Perenang Inovatif India

Oleh: Dhita Koesno - 24 September 2020
Dibaca Normal 1 menit
Arati Saha jadi Google Doodle hari ini sekaligus untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-80.
tirto.id - Google Doodle merayakan Arati Saha pada hari ini, perenang jarak jauh dan atlet Olimpiade India yang inovatif, bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-80.

Gambarnya sendiri diilustrasikan oleh seniman asli Kolkata, India Lavanya Naidu. Naidu berharap gambarnya membantu menginspirasi orang di mana pun untuk 'bermimpi besar, dari mana pun Anda berasal'.

Prestasi Arati Saha


Pada 29 September 1959, Arati Saha menjadi wanita Asia pertama yang melintasi Selat Inggris, berenang sejauh 42 mil dari Cape Gris Nez, Prancis ke Sandgate, Inggris.

Prestasinya itu pun dianggap setara dengan mendaki Gunung Everest. Menurut Arati Saha, tindakannya itu dia lakukan karena terinspirasi oleh perenang India Mihir Sen, demikian seperti dikutip dari Independent.

Saha lahir di Kolkata, India pada 24 September tahun 1940. Kemampuan atletiknya yang luar biasa muncul di awal hidupnya, pada usia empat tahun, dia belajar berenang di tepi Sungai Hooghly.

Keahliannya itu menarik perhatian perenang kompetitif terbaik India, Sachin Nag yang kemudian mengasuh Arati Sahi.

Saha memenangkan medali emas pertamanya untuk renang pada usia 5 tahun, di bawah asuhan mentornya Sachin Nag. Pada usia 11 tahun, dia lalu dikenal sebagai ahli renang.

Saha memperoleh banyak penghargaan di awal karirnya, termasuk mencetak rekor seluruh India pada tahun 1949 dan memecahkan rekor Dolly Nazir di seluruh India dalam pertemuan negara bagian Bengal Barat tahun 1951.

Nazir dan Saha pun mewakili India di Olimpiade 1952. Arati Saha juga menjadi anggota termuda (termasuk satu dari empat peserta wanita) di tim pertama yang mewakili India yang baru merdeka pada Olimpiade Musim Panas 1952 di Helsinki, Finlandia.

Pada usia 18 tahun, Saha melakukan upaya pertamanya untuk melintasi Selat Inggris, dan meskipun tidak berhasil, dia tidak pernah menyerah.

Pada tanggal 29 September 1959 atau kurun waktu sebulan berikutnya, Arati Saha melakukan upaya keduanya melintasi Selat Inggris.

Selama 16 jam 20 menit yang menakjubkan, dia berhasil menempuh jarak 42 mil. Sesampai di pantai Inggris, Saha mengibarkan bendera India, dan ini tentu saja sebuah kemenangan bersejarah bagi wanita di seluruh India.

Untuk menghormati pencapaiannya yang abadi, Saha menjadi wanita pertama yang menerima penghargaan Padma Shri India pada tahun 1960.

"Selamat ulang tahun, Arati Saha, dan terima kasih telah menyalurkan semangat untuk menginspirasi wanita di mana pun!" tulis Google Doodle.


Baca juga artikel terkait GOOGLE DOODLE atau tulisan menarik lainnya Dhita Koesno
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dhita Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight