Pemilu 2019

Google Doodle Hari Ini Bahas Serba-Serbi Pemilu & Panduan Mencoblos

Oleh: Maya Saputri - 17 April 2019
Pada hari pemungutan suara hari ini, Rabu (17/4/2019), Google juga ikut memeriahkan dengan merilis doodle dengan tema Pemilu.
tirto.id - Pada hari pemungutan suara hari ini, Rabu (17/4/2019), Google juga ikut memeriahkan dengan merilis doodle dengan tema Pemilu.

Saat pengguna masuk ke laman utama Google, ada ilustrasi beberapa orang yang sedang antre untuk memberikan hak suara di depan kotak suara. Jika doodle tersebut diklik maka akan masuk ke kata kunci cara memilih #indonesia. Penjelasan seputar pemilu dengan model pertanyaan dan jawaban akan ditemui pengguna.


Beberapa hal yang dibahas pada laman ini yakni mulai dari bagaimana cara memberikan suara hingga penjelasan perbedaan lima surat suara.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu Serentak 2019 pada hari ini, Rabu, 17 April 2019. Masyarakat yang mendapatkan hak pilihnya diharapkan kedatangannya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dibuka pada pukul 07.00 WIB.

Pemilu 2019 kali ini melaksanakan pemilihan secara serentak mulai dari calon anggota legislatif (caleg) tingkat kota/kabupaten, provinsi, pusat, perwakilan daerah, hingga pasangan calon presiden dan wakil presiden.



Puluhan ribu caleg itu telah terdaftar dalam 20 partai politik yakni 16 parpol tingkat nasional, dan empat parpol lokal tambahan khusus untuk di Provinsi Aceh.

Seluruh caleg akan bertarung untuk memperebutkan 17.610 kursi anggota DPRD tingkat kabupaten/kota, 2.207 kursi anggota DPRD tingkat provinsi, 575 kursi anggota DPR RI, dan 136 kursi anggota DPD.

Pemilih yang telah terdaftar di dalam Daftar Pemilih (DPT/DPTb/DPK), dapat menyalurkan suaranya dengan membawa Formulir C6 dan datang ke Tempat Pemungutan Suara yang telah ditentukan mulai pukul 07.00 - 13.00 waktu setempat.


Baca juga artikel terkait PEMILU 2019 atau tulisan menarik lainnya Maya Saputri
(tirto.id - Politik)

Penulis: Maya Saputri
Editor: Agung DH
DarkLight