Google Doodle Hari Ini: 50 Tahun Pendaratan Apollo 11 di Bulan

Oleh: Sirojul Khafid - 19 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Google Doodle hari ini memperingati pendaratan Apollo 11 di bulan.
tirto.id - Lima puluh tahun lalu, tepatnya pada 20 Juli 1969, Neil Amstrong dan Buzz Aldrin menjadi manusia pertama yang menginjakkan kaki di bulan. Pendaratan para astronot ini diperingati dalam Google Doodle hari ini, Jumat (19/7/2019).

Dibandingkan dengan Neil dan Buzz, ada satu astronot yang namanya jarang terekspos, yaitu Mike Collins. Mike merupakan astronot yang bersama Neil dan Buzz mulai dari lepas landas sampai mendarat lagi di bumi.

Bedanya, saat Neil dan Buzz menginjakkan kaki di Bulan, Mike berada dalam modul komando di orbit, semacam kapsul yang nantinya menjadi kendaraan para astronot pulang.

Semua berawal dari 16 Juli 1969. Pagi hari, setelah sarapan, Neil, Buzz dan Mike lepas landas menggunakan Apolo 11.

Untuk misi penerbangan itu, butuh 400 ribu orang yang bekerja dalam keahlian masing-masing, dari insinyur, programmer komputer sampai penjahit baju luar angkasa yang kedap udara.

Untuk bisa memonitor dan mengarahkan lintasan para astronot, National Aeronautics and Space Administration (NASA) menggunakan tiga antena yang tersebar di Spanyol, Australia, dan California.

Perjalanan menuju bulan bukan tanpa rintangan. Perlu beberapa manuver yang tidak jarang menegangkan.

Mike menceritakan saat semakin dekat dengan bulan, dia dan dua rekannya merasa sangat kagum dengan hamparan luas yang ada di depannya. Akan tetapi itu tidak seberapa dibandingkan dengan pemandangan bumi yang mungil.

“Pertunjukan utamanya adalah bumi. Iya, bumi,” kata Mike.

Saat ketegangan penerbangan mulai berkurang dan bahan bakar hampir habis, Neil dan Buzz mendarat di bulan. Saat dua orang itu sedang berada di bulan dan menancapkan bendera, Mike berada sendiri di modul komando.

Jarak sekitar 97 kilometer dari Neil dan Buzz tidak membuatnya kesepian. Dia merasa ada tiga miliar manusia di bumi yang bersamanya.

“Saya bahkan sempat menikmati kopi panas,” katanya.

Empat hari setelah mendarat di bulan, mereka berhasil kembali lagi ke bumi, tepatnya di Samudera Pasifik. Setelah selamat kembali ke Bumi, tiga astronot melakukan tur keliling dunia.

Satu hal yang membuat Mike kagum saat tur, banyak orang yang mengatakan, “Kita, kita melakukannya. Kita, Anda dan saya, penghuni bumi yang indah ini. Kita berhasil."


Baca juga artikel terkait GOOGLE DOODLE atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight