Goo Hara Sebut dalam Proses Pemulihan Usai Mencoba Bunuh Diri

Oleh: Syarifah Aini - 29 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
“Saat ini saya sedang dalam proses pemulihan kesehatan. Saya sedang benar-benar merasa tertekan atas berbagai masalah yang sedang menimpa saya,” kata Goo Hara
tirto.id - Goo Hara mantan member group KARA baru saja merilis pernyataan terkait insiden percobaan bunuh diri yang ia lakukan pada 26 Mei lalu. Ia mengungkapkan sedang dalam proses pemulihan kesehatan.

Berdasarkan berita yang dilansir dari media Newsen, pada Selasa (28/5/2019), Go Hara melalui perwakilannya merilis pernyataan mengenai insiden yang baru saja dialaminya.

Saat ini saya sedang dalam proses pemulihan kesehatan. Saya sedang benar-benar merasa tertekan atas berbagai masalah yang sedang menimpa saya,” katanya.

Sekali lagi saya benar-benar meminta maaf atas insiden yang baru saja terjadi,” kata Hara.

Sebelumnya, pada 27 Mei 2019 kemarin, Go Hara tiba-tiba menjadi sorotan publik akibat percobaan bunuh diri yang ia lakukan di kediamannya.

Sebagaimana dilansir A Teen pada Sabtu (25/5/2019) tengah malam KST, Go Hara telah mengunggah beberapa kalimat yang berisi curahan hati dan kalimat perpisahan di instagram story pribadinya @koohara_ (saat ini unggahan tersebut sudah tidak ada).


Tak lama usai mengunggah postingan tersebut, manajer Hara cemas sehingga ia mencoba menelpon Hara beberapa kali tetapi tidak mendapat jawaban.

Manajernya kemudian memutuskan untuk datang ke rumah pribadi penyanyi asuhannya yang berlokasi di Distrik Gangnam, Seoul.


Setibanya di rumah, ia menemukan Hara dalam keadaan tak sadarkan diri dan rumahnya dipenuhi asap. Sang manajer kemudian segera menghidupkan alarm kebakaran dan menelepon panggilan darurat “119”.

Sekitar pukul 12.40 a.m KST, Goo Hara dilarikan kerumah sakit dan nyawanya bisa diselamatkan. Pada Senin (27/5/2019), pukul 11.30 a.m Kst atau 09.30 WIB, Goo Hara masih belum sadarkan diri, tetapi pernapasan dan denyut nadinya telah normal.

Sempat tak ada kelanjutan berita mengenai kondisinya, Hara lantas merilis pernyataan terkait kondisi kesehatannya melalui perwakilannya pada Selasa (28/5/2019).

Seperti pernyataan yang ia sampaikan melalui perwakilannya, insiden percobaan bunuh diri yang ia lakukan kemarin didasarkan atas rasa tertekan dan depresi yang ia rasakan akibat berbagai macam masalah yang sedang menimpanya.

Baru-baru ini, Goo Hara memang tengah menjalani proses persidangan terkait permasalahan yang terjadi antara ia dan mantan kekasihnya. Tepatnya pada akhir 2018, Goo Hara terlibat kasus kekerasan dan pelecehan seksual dengan mantan pacarnya, Choi Jong Bum.

Choi Jong Bum melaporkan Hara atas tuduhan kekerasan fisik, sementara Hara melaporkan Choi Jong Bum atas tuduhan pelecehan dan kekerasan seksual.


Atas sidang pertama yang telah dilaksanakan pada 18 April 2019 lalu, Choi Jung Bum disebut banyak membantah tuduhan yang dilemparkan padanya dan tidak setuju dengan saksi yang didatangkan jaksa dari pihak Goo Hara, yakni teman sekamar Hara dan CEO agensi yang menaunginya.

Atas bantahan tersebut, pihak pengadilan rencananya akan kembali melakukan persidangan dengan menghadirkan Goo Hara dan saksi yang sama dari sisi Hara yaitu CEO agensi dan teman sekamar Goo Hara pada 30 Mei 2019 mendatang.



------ Depresi bukanlah persoalan sepele. Jika Anda merasakan tendensi untuk melakukan bunuh diri, atau melihat teman atau kerabat yang memperlihatkan tendensi tersebut, amat disarankan untuk menghubungi dan berdiskusi dengan pihak terkait, seperti psikolog, psikiater, maupun klinik kesehatan jiwa.

Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Syarifah Aini
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Syarifah Aini
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight