Gong Xi Fa Cai 2022: Ucapan Imlek dan Tahun Baru Cina 1 Februari

Penulis: Dipna Videlia Putsanra - 27 Jan 2022 15:15 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Daftar ucapan Imlek atau Tahun Baru Cina 2022, arti Arti gong xi fa cai, dan kapan imlek tahun ini? Berikut selengkapnya.
tirto.id - Ucapan Imlek Gong Xi Fa Cai 2022 adalah kutipan yang kerap dikirim untuk merayakan peringatan hari libur nasional awal bulan Februari 2022 ini.

Hari Raya Imlek atau tahun baru China tahun ini jatuh pada tanggal 1 Februari 2022. Setiap Imlek, orang Tionghoa punya cara sendiri untuk merayakannya. Tradisi dibuat sebagai ungkapan rasa syukur dan harapan akan rejeki pada tahun depan yang akan dilewati.

Setiap tahun, Imlek dirayakan secara besar-besaran hampir di seluruh dunia. Beberapa daerah akan menyalakan kembang api, melakukan parade, barongsai, yang bisa ditemukan di jalan-jalan kota besar.

Tahun Baru Cina akan berlangsung selama 15 berturut-turut dan berakhir dengan Festival Lentera. Persiapan Tahun Baru Cina dilakukan berminggu-minggu sebelumnya untuk memastikan tahun baru dipenuhi dengan keberuntungan dan kemakmuran.

Ini adalah waktu berkumpul bagi keluarga dan teman-teman untuk makan bersama. Kembang api dinyalakan untuk mengusir roh-roh jahat, anak-anak akan mendapat hadiah berupa angpau yang biasanya menggunakan amplop merah. Orang-orang Cina juga akan menghormati leluhur dan tokoh-tokoh sejarah.

Dikutip dari artikel Greg Rodgers di tripsavvy, sedikit berbeda dengan Tahun Baru yang dirayakan orang-orang Barat, Imlek tidak terlalu fokus pada resolusi atau hal-hal yang berkaitan dengan perbaikan diri, tetapi lebih ke harapan untuk keberuntungan dan kemakmuran di tahun baru.

Dengan begitu banyak budaya Cina dan kelompok etnis di seluruh dunia, ada banyak cara untuk mengatakan "selamat tahun baru" dalam bahasa Cina. Sebagian besar dari ucapan itu mengandung makna keberuntungan dan kesuksesan finansial.

Ucapan Imlek 2022: Gong Xi Fa Cai

Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek ini mengandung harapan baik dan memungkinkan Anda untuk berbagi kegembiraan dan cinta, baik lisan maupun tulisan, selama periode perayaan.

Meski banyak dipakai untuk ucapan tahun baru Imlek, istilah "Gong Xi Fa Cai" pada dasarnya tak berarti selamat tahun baru. Secara harfiah, artinya "semoga mendapatkan lebih banyak kekayaan."

Gong xi fa cai
adalah ucapan paling umum saat perayaan Imlek. "Gong xi" berarti "selamat" dan juga cara untuk mengucapkan sukacita. "Fa cai" artinya menjadi kaya atau menghasilkan uang. Jadi mengucapkan gong xi fa cai berarti berharap sukacita dan kemakmuran di tahun baru.

Umumnya, sesama pemilik bisnis dan rekan kerja menggunakan gong xi fa cai sebagai cara untuk mengucapkan "selamat tahun baru" dalam bahasa Cina.

Xin Nian Kuai Le, Ucapan Imlek Selain Gong Xi Fa Cai


Selain gong xi fa cai, xin nian kuai le juga bisa menjadi ucapan Tahun Baru. "Kuai le" berarti "bahagia" atau "gembira," dan "xin nian" berarti "tahun baru." Xin nian kuai le adalah cara untuk mengucapkan selamat tahun baru dalam bahasa Cina kepada teman tanpa merujuk uang, finansial, atau materi.

Ucapan lain untuk Imlek adalah “Xin Nian Jin Pu” (semoga mendapat kemajuan di tahun baru ini), “Wan Shi Ru Yi” (semoga semua harapanmu terpenuhi), “Shen Ti Jian Kang” (semoga sehat selalu), dan “Sui Sui Ping An” (berharap Anda terhindar dari semua celaka).

Karena 2022 akan menjadi tahun Macan, maka ucapan populer yang berarti keberuntungan tahun baru termasuk hu (harimau). Berikut adalah ucapan paling populer untuk tahun Macan.

1. Semoga Anda beruntung di tahun Macan! (Wishing you luck in the year of the Tiger!) atau dalam bahasa Mandarin, "hu nian da ji".

2. Semoga Anda mendapatkan kekuatan dan vitalitas harimau (Wishing you fullness of the vigor and vitality of the tiger) "Hu hu sheng wei"

3. Naga membumbung dan Harimau melompat (Semoga Anda makmur dan berkembang di tahun baru) Dragon soaring and Tiger leaping (Wish you prosperous and thriving in new year) "long teng hu yue".



Baca juga artikel terkait IMLEK 2020 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Iswara N Raditya
Penyelaras: Yulaika Ramadhani
DarkLight