Golkar: Pengusul RUU Ketahanan Keluarga Belum Baca Isi Drafnya

Oleh: Haris Prabowo - 20 Februari 2020
Endang Maria. kader Partai Golkar yang mengusul RUU Ketahanan Keluarga, disebut belum membaca draf secara keseluruhan.
tirto.id - Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily, mengklaim fraksinya tidak pernah mengusulkan Rancangan Undang-undang (RUU) Ketahanan Keluarga.

Ace merespons menyusul polemik yang muncul usai draf RUU tersebut tersebar di media sosial.


"Memang dari sejak awal, Fraksi Partai Golkar tidak pernah mengusulkan RUU Ketahanan Keluarga. RUU Ketahanan Keluarga itu usulan perseorangan, bukan usulan resmi Partai Golkar," katanya lewat pers rilisnya yang diterima Tirto, Kamis (20/2/2020) pagi.

Ace mengklaim, tidak pernah dalam rapat-rapat Fraksi Partai Golkar, baik di Komisi VIII atau di Badan Legislasi, ada pembahasan usulan RUU Ketahanan Keluarga.

Malah, kata Ace, Endang Maria sendiri yang merupakan kader Partai Golkar yang mengusul RUU tersebut, belum membaca draf secara keseluruhan.

"Soal bahwa Ibu Endang Maria mengusulkan RUU Ketahanan Keluarga itu, justru Bu Endangnya sendiri katanya belum membaca secara keseluruhan RUU Ketahanan Keluarga. Kami telah mengklarifikasi kepada Bu Endang soal RUU Ketahanan Keluarga itu," katanya.

Sebelumnya, RUU Ketahanan Keluarga memicu perdebatan setelah drafnya tersebar di media sosial. Masyarakat menganggap RUU tersebut menerabas ruang-ruang privat warga negara.

Beberapa aturan yang disoroti adalah pengaturan peran istri, larangan aktivitas seksual BDSM, dan kewajiban pelaku homoseksual melapor.

RUU ini diusulkan Netty Prasetiyani dan Ledia Hanifa dari Fraksi PKS, Endang Maria Astuti dari Fraksi Partai Golkar, Sodik Mudjahid dari Fraksi Partai Gerindra, serta Ali Taher dari Fraksi PAN. Draf aturan tersebut masuk dalam Prolegnas Prioritas 2020.


Baca juga artikel terkait RUU KETAHANAN KELUARGA atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Politik)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Hendra Friana
DarkLight