Advertorial

Gojek & PT KCI Rilis Fitur GoTransit, Beli Tiket KRL dari Aplikasi

Penulis: press release, tirto.id - 23 Jun 2022 11:29 WIB
Dibaca Normal 3 menit
Kolaborasi GoTo, melalui aplikasi Gojek dan PT KCI siap jangkau lebih banyak masyarakat pengguna transportasi publik.
tirto.id - Gojek, layanan on-demand ekosistem GoTo, kembali menghadirkan inovasi guna mempermudah mobilitas masyarakat.

Gojek dan PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) bersinergi menghadirkan kemudahan bagi masyarakat untuk membeli tiket KRL Commuter Line di aplikasi Gojek lewat fitur GoTransit.

Inovasi ini semakin memudahkan masyarakat yang melakukan perjalanan multimoda serta mendukung visi pemerintah untuk menggalakkan penggunaan transportasi publik.

GoTransit sendiri merupakan fitur di aplikasi Gojek yang memudahkan pengguna untuk merencanakan perjalanan dari titik keberangkatan awal hingga tujuan akhir secara lebih efisien dalam satu platform, yang dirancang sebagai layanan penghubung awal dan akhir perjalanan (First Mile-Last Mile) guna melengkapi moda transportasi publik.

Direktur GoTo, sekaligus Head of Indonesia Sales & Ops Gojek, Catherine Hindra Sutjahyo dalam rilis yang diterima Tirto, Rabu (22/6) menjelaskan, “Satu dari dua pengguna Gojek pernah menggunakan GoRide dan GoCar sebagai layanan penghubung untuk mereka menggunakan moda transportasi publik."

"Peluncuran resmi inovasi terintegrasi hari ini memungkinkan pengguna membeli tiket KRL Commuter Line langsung di aplikasi Gojek. Kemudahan ini diharapkan mampu meningkatkan kenyamanan dan loyalitas pengguna, bahkan menarik minat masyarakat untuk menggunakan transportasi publik khususnya KRL Commuter Line. Kami percaya tujuan tersebut dapat terwujud mengingat sejak inovasi ini diperkenalkan pada akhir Mei 2022 lalu, fitur GoTransit sudah diakses 20 kali lipat lebih banyak,” ujarnya.

Catherine menambahkan ke depannya Gojek dan PT KCI sebagai operator KRL Commuter Line juga akan menghadirkan inovasi lain untuk semakin memudahkan pengguna.

“Lewat kampanye #JalanTerus, Gojek berkomitmen untuk semakin mempermudah mobilitas masyarakat dalam menggunakan moda transportasi publik. Kami tengah menyiapkan inovasi teknologi agar masyarakat dapat membeli tiket secara bundling sehingga semakin praktis dan hemat. Dalam satu transaksi di dalamnya sudah termasuk tiket first mile-last mile yang menggunakan layanan Gojek, serta tiket perjalanan middle mile menggunakan layanan transportasi publik termasuk salah satunya KRL Commuter Line,” kata Catherine.

Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI), Roppiq Lutzfi Azhar mengungkapkan, “Kolaborasi antara PT KCI dan GoTo melalui Gojek akan memberi manfaat bagi pengguna harian Kereta Commuter Line yang jumlahnya mencapai 1,2 juta orang per hari."

"Kami percaya kolaborasi dengan Gojek yang juga memiliki skala pengguna yang besar, akan semakin memperluas jangkauan kami untuk mengajak masyarakat menggunakan transportasi publik. Dengan kini tiket KRL Commuter Line dapat dibeli di aplikasi Gojek, pengalaman masyarakat naik KRL Commuter Line bisa menjadi lebih lancar, cepat, dan minim kontak."

"Sebelumnya, kehadiran Gojek juga telah memudahkan akses bagi pengguna Commuter Line untuk menuju ke stasiun ataupun melanjutkan perjalanan ke tujuan akhir. Adanya kolaborasi ini diharapkan mendukung capaian target PT KCI untuk bisa mengangkut 2 juta orang per hari di masa yang akan datang," tangkasnya.

Fitur GoTransit menawarkan tiga pilar manfaat:

● Kenyamanan dan kemudahan dalam membeli tiket KRL Commuter Line


Melalui aplikasi Gojek, masyarakat kini dapat membeli tiket KRL Commuter Line dengan lebih mudah dan praktis. Masyarakat dapat membeli tiket secara nontunai dengan memanfaatkan GoPay atau LinkAja tanpa perlu nominal deposit.

Pengguna akan mendapatkan kode QR pada laman fitur GoTransit di aplikasi Gojek, untuk dapat melakukan tap-in pada waktu keluar dan masuk dari semua gerbang yang ada di stasiun Commuter Line.

Inovasi ini pun memungkinkan pengguna dapat membeli hingga 10 tiket KRL sekaligus sehingga bermanfaat ketika bepergian bersama rombongan. Pengguna juga dapat mengubah rute tujuan dengan mudah dan semua transaksi yang dilakukan dalam GoTransit tercatat lengkap pada bagian riwayat pemesanan.

● Integrasi Multi Moda

Penggunaan transportasi multi-moda yang lebih terhubung. Selain membeli tiket KRL Commuter Line dengan menggunakan pembayaran GoPay, pengguna dapat memesan layanan transportasi dari Gojek, baik GoRide, GoCar, maupun GoBluebird, menuju dan dari pemberhentian transportasi umum seperti stasiun KRL Commuter Line.

● Perjalanan yang lebih efisien

GoTransit memungkinkan pengguna untuk memilih rute perjalanan terbaik sehingga dapat melakukan perencanaan perjalanan secara lebih efisien, membandingkan harga moda transportasi publik sesuai kebutuhan, memperkirakan estimasi waktu perjalanan, hingga memantau jadwal operasional transportasi publik.

Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi turut memberikan apresiasinya atas sinergi GoTo melalui Gojek dan PT KCI dalam mewujudkan transportasi multimoda yang terintegrasi.

“Pada tahun 2020 lalu, Kementerian Perhubungan mencatat bahwa saat ini baru 25% masyarakat di Jakarta yang menggunakan transportasi umum. Kami meyakini bahwa konektivitas antarmoda serta kehadiran titik-titik transit-oriented development (TOD) seperti yang diupayakan oleh Gojek dan PT KCI ini berperan kunci dalam mendorong penggunaan transportasi umum oleh masyarakat. Maka, kami sangat mengapresiasi sinergi dan komitmen yang dijalankan oleh Gojek dan PT KCI melalui inovasi-inovasi yang hadir di layanan GoTransit,” ungkap Budi Karya.

Menanggapi terwujudnya inovasi dan kolaborasi ini, Wakil Menteri BUMN 2 Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, ”Kami mengapresiasi langkah Gojek, yang merupakan bagian dari GoTo, dalamn menghadirkan GoTransit, melalui kolaborasi secara strategis dengan PT Kereta Commuter Indonesia yang merupakan anak usaha PT Kereta Api Indonesia untuk meningkatkan standar pelayanan publik."

"Di sektor transportasi, kehadiran kolaborasi ini semakin melengkapi layanan transportasi publik yang disediakan oleh BUMN. Apalagi, elemen konektivitas dan integrasi bersifat krusial dalam menciptakan transportasi yang berkualitas. Kolaborasi ini sejalan dengan peran BUMN sebagai agen pembangunan untuk melayani masyarakat.”

Guna semakin mendorong minat masyarakat menggunakan transportasi publik, Gojek menawarkan voucher potongan harga layanan GoRide dan GoCar bagi pengguna yang melakukan pembelian tiket atau pun telah menyelesaikan perjalanan KRL Commuter Line melalui GoTransit.

GoTransit sebagai inovasi pada on-demand services dan wujud komitmen sustainability GoTo

Fitur GoTransit di aplikasi Gojek merupakan salah satu layanan pada segmen on-demand services di GoTo yang mengalami peningkatan transaksi seiring dengan pelonggaran pembatasan mobilitas masyarakat.

Fitur GoTransit juga merupakan salah satu wujud konkret dari strategi GoTo untuk mencapai profitabilitas dengan menyediakan layanan bernilai tambah (value-added services) kepada konsumennya.

Berdasarkan laporan kinerja perusahaan, pada kuartal pertama tahun 2022, GoTo melaporkan peningkatan pendapatan bruto sebesar 58% dan peningkatan transaksi (GTV) sebesar 44% secara year on year di segmen on-demand services.

Selain itu, GoTransit juga merupakan wujud komitmen sustainability “Three Zeroes” GoTo, khususnya Zero Emission, untuk membantu mengurangi emisi yang dihasilkan kendaraan pribadi dengan mengajak lebih banyak masyarakat menggunakan transportasi publik dengan menjadikan layanan transportasi Gojek sebagai moda penghubung atau layanan first-mile dan last-mile.


Baca juga artikel terkait ADVERTORIAL atau tulisan menarik lainnya press release
(tirto.id - Bisnis)

Sumber: press release
Penulis: press release


DarkLight