Gojek Dapat Suntikan Modal dari Investor Baru Facebook dan Paypal

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 3 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
Gojek mendapat suntikan modal dari investor baru mereka, Facebook dan PayPal.
tirto.id - Gojek mendapat suntikan modal dari Facebook dan PayPal. Ke dua perusahaan tersebut secara resmi menjadi investor dalam penggalangan dana perseroan terbaru yang dilakukan Gojek.

Co-CEO Gojek, Andre Soelistyo menjelaskan, selain mendapat dua investor baru, Google dan Tencent kembali menambah investasi setelah kedua perusahaan itu menanamkan investasi di Gojek pada penggalangan dana putaran sebelumnya.

"Bergabungnya Facebook dan PayPal sebagai investor, menyusul Google dan Tencent, merupakan sebuah pengakuan untuk mendukung Gojek dalam misi mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Asia Tenggara, dengan fokus pada layanan pembayaran dan keuangan," jelas dia dalam keterangan resmi, Rabu (3/6/2020).

Perusahaan teknologi terbesar berskala global tersebut akan disinergikan dengan teknologi, pendekatan, dan fokus lokal yang dimiliki Gojek untuk mendorong adopsi sistem pembayaran digital.

Layanan pembayaran digital dari Gojek, yaitu GoPay, sudah terlebih dulu mengakses ekonomi digital bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Bergabungnya perusahaan-perusahaan teknologi global itu, kata Andre, akan mempercepat masyarakat melakukan transaksi secara cashless.

"Arus pendanaan oleh Facebook, PayPal, Google, Tencent akan mendukung lebih banyak UMKM menuju digitalisasi, mulai dari usaha kecil dan menengah yang beroperasi di toko-toko pinggir jalan hingga bisnis berskala besar yang ingin memperkuat infrastruktur pembayaran digital mereka," terang dia.

Andre mengatakan, sejak diluncurkan pada 2015, Gojek telah bermitra dengan ratusan ribu merchant untuk melakukan digitalisasi serta memberikan akses kepada lebih dari 170 juta pengguna Gojek.

Layanan pembayaran digital Gojek memfasilitasi miliaran transaksi setiap tahun dan merupakan layanan dompet digital di Indonesia. Sebagian besar dari pencapaian ini adalah kontribusi dari GoFood, layanan antar makanan dan perluasan cakupan layanan GoPay di sektor lain di dalam maupun di luar ekosistem Gojek.

Sementara itu, terkait investasi yang dilakukan PayPal, kedua pihak yakni Gojek dan PayPal menyepakati bahwa layanan pembayaran PayPal akan diintegrasikan ke Gojek. Kedua perusahaan ini akan berkolaborasi dan membuka akses bagi para pengguna GoPay ke jaringan PayPal yang terdiri dari 25 juta merchant.


Baca juga artikel terkait GOJEK atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Maya Saputri
DarkLight