Global Tourism Forum 2021, Peluang RI Dorong Pariwisata & Investasi

Oleh: Addi M Idhom - 27 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
Indonesia akan menjadi tuan rumah Global Tourism Forum 2021. Pertemuan ini menjadi peluang RI untuk menarik investasi dan membangkitkan pariwisata.
tirto.id - Indonesia akan menjadi tuan rumah Annual Meeting Global Tourism Forum 2021. Forum tersebut direncanakan berlangsung di Bali pada Oktober 2021 mendatang.

Forum internasional yang menjembatani pertemuan para investor dan pelaku industri pariwisata di dunia tersebut menjadi peluang besar bagi Indonesia.

Guna mengawali persiapan pelaksanaan forum tersebut, Indonesia Tourism Forum (ITF) bersama World Tourism Forum Institute (WTFI) menggelar Conference In Tour yang bertajuk "Recovery and Beyond" pada Jumat (27/11/2020). Konferensi berlangsung dan disiarkan secara marathon berurutan dari Istanbul dan berakhir di Washington.

Pertemuan ini mengulas model bisnis pariwisata yang tepat di era pandemi global. Chairman ITF, Sapta Nirwandar ITF bersama WTFI menjadikan pertemuan pada hari ini sebagai upaya awal untuk menemukan sinergi kebangkitan industri pariwisata di Indonesia dan dunia.

Salah satu dari upaya tersebut adalah mendorong geliat industri MICE dengan menggelar sejumlah event kelas dunia pada tahun 2021.

"Dalam setiap kesulitan selalu ada kemudahan. Di tengah pandemi Covid-19, dengan kreativitas, inovasi dan keberanian akan ditemukan kemudahan dan jalan keluar untuk menemukan peluang," kata Sapta pada Jumat (27/11/2020) dalam siaran resmi ITF.

Pariwisata menjadi industri yang menerima dampak signifikan dari pandemi Covid-19. Data yang dikutip oleh ITF dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada November 2020, mencatat ada penurunan kunjungan turis asing ke Indonesia hingga 88,95 persen pada tahun ini.

Akibatnya, sampai September 2020, hanya ada 153.498 turis mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Data itu jauh menurun dibandingkan data kunjungan turis asing pada 2019.

Karena itu, Sapta mengatakan, terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah Annual Meeting Global Tourism Forum 2021 merupakan peluang mendorong kebangkitan sektor pariwisata Indonesia.

Dia pun optimistis forum ini bisa menarik investasi ke Indonesia. Pemilihan Indonesia sebagai tuan rumah Global Tourism Forum 2021 menunjukkan adanya kepercayaan internasional bahwa wilayah RI masih menjadi destinasi wisata yang aman.

Global Tourism Forum merupakan brand WTFI dan suatu kolaborasi platform yang digelar untuk membahas tantangan-tantangan industri pariwisata dan perjalanan.

Kata Sapta, Global Tourism Forum juga bisa memainkan peranan penting dalam menarik investasi langsung ke dalam negeri. Sebab, Global Tourism Forum 2021 akan menjadi ajang pertemuan para agen dan operator perjalanan pariwisata, pengusaha perhotelan, grup investor, bankir, konsultan investasi, hingga pejabat pemerintahan dari berbagai negara di dunia.



Baca juga artikel terkait GLOBAL TOURISM FORUM atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Siaran Pers
Penulis: Addi M Idhom
Editor: Agung DH
DarkLight