Gitar George Harrison Diprediksi akan Terjual 500 Ribu Dolar AS

Oleh: Alexander Haryanto - 8 Agustus 2018
Gitar tersebut pernah dipakai George Harrison saat tampil di Cavern Club pada 3 Agustus 1963 lalu.
tirto.id - Sebuah gitar milik personel The Beatles, George Harrison diperkirakan akan dijual seharga 500 ribu dolar AS. Gitar tersebut pernah dimainkan Harrison di Cavern Club sebuah tempat ikonik di Liverpool, Inggris.

Gitar bermerek The Maton Mastersound MS-500 itu bisa dipakai Harrison karena gitar miliknya, Gretsch Country Gentleman sedang diperbaiki.

Tapi setelah gitar Gretsch Country selesai diperbaiki, ia malah tetap mempertahankan The Maton dan memakainya dalam beberapa pertunjukan The Beatles, termasuk saat tampil di Cavern Club pada 3 Agustus 1963.

Seperti diberitakan NME, sebuah tempat pelelangan di Inggris bernama Gardiner Houlgate mengatakan, gitar tersebut sebagai bagian unik dari sejarah rock, sehingga harganya bisa mencapai setengah juta dolar AS saat dilelang pada bulan depan. Sebelumnya, gitar ini pernah ditampilkan di museum The Beatles di Liverpool pada 2014-2018.

Dalam sejarah pelelangan, gitar akustik Gibson milik John Lennon yang pernah dicuri pada tahun 1963 pernah laku dilelang seharga 2,4 juta dolar AS pada tahun 2015 lalu. Gitar tersebut pernah digunakan Lennon untuk merekam lagu Love Me Do dan PS I Love You.

Dikutip dari The Guardian, juru lelang Darren Julian mengatakan gitar akustik Gibson J-160E dicuri dari Lennon pada konser Natal pada Desember 1963.

Gitar tersebut juga dipakai untuk menulis beberapa lagu hits The Beatles seperti I Want To Hold Your Hand dan All My Loving. "Ini bagian penting dari sejarah karir Beatles dan Lennon," kata Julien.

Meski pelelangan gitar Lennon tergolong mahal. Namun, menurut Guinness World Records, gitar yang paling mahal pernah dilelang adalah Fender Stratocaster yang pernah ditandatangani Keith Richards, Eric Clapton dan Paul McCartney, yakni seharga 2.7 juta dolar AS pada acara amal 2005 di Qatar.



Baca juga artikel terkait THE BEATLES atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Musik)

Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight