GIIAS 2017: Suzuki Baleno Hatchback Sasar Masyarakat Urban

Oleh: Reja Hidayat - 10 Agustus 2017
Dibaca Normal 1 menit
Suzuki Baleno terbaru ditunjukkan untuk kaum muda yang ingin mengekspresikan diri dan memiliki pengalaman berkendara yang berbeda dengan hatchback.
tirto.id - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperkenalkan generasi keempat Suzuki Baleno, yang telah banyak diminati di seluruh Indonesia, termasuk sedan kompak Suzuki Baleno yang telah hadir sejak tahun 1996. Tahun ini, tampil dengan model barunya, yakni hatchback.

Setiawan Surya, Deputy Managing Director PT SIS mengatakan model baru ini ditunjukkan untuk kaum muda yang ingin mengekspresikan diri dan memiliki pengalaman berkendara yang berbeda dengan hatchback.

"Generasi terbaru ini mengalami berbagai perkembangan untuk menambahkan lebih banyak keunggulan hatchback. Model hatchback memberi kesan yang flashy, premium, dan nyaman," kata Setiawan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di ICE BSD City, Tanggerang Selatan, Kamis (10/8/2017).

Pihaknya menjelaskan salah satu hatchback dari Suzuki yang mengusung tampilan sporty dan elegan dengan transformasi signifikan pada eksterior, interior dan teknologi. Tampilan barunya diharapkan bisa diterima massyarakat Indonesia.

Direktur Sales PT SIS, Makmur mengatakan dengan keluarnya produk baru, pihaknya optimistis bisa meningkatkan market share. Data PT SIS, antusiasme pasar terlihat dari peforma penjualan roda empat Suzuki terus mendaki dari tahun ke tahun. Pangsa pasar Suzuki naik dari 9,1 persen pada 2016 menjadi 10,3 persen pada tahun 2017.

"Market share kita naik 1,2 persen," kata Makmur.

Suzuki Baleno didukung dengan mesin berkode K14B. Berkonfigurasi empat silinder inline berkapasitas 1.373 cc, 16 valve, DOHC,VVT, MPI menghadirkan tangga hingga 92,4 ps pada 6000 rpm dan torsi 130 Nm pada 4.200.

Bahan aluminium pilihan pada mesin membuatnya mencapai potensi optimum lebih cepat dan membuatnya lebih mudah melepaskan panas untuk meningkatkan efisiensi dalam konsumsi bahan bakar.

Hasil uji efisiensi Balai Pusat Teknologi Termodinamika Motor & Propulsi (BPT2MP) Januari 2017, konsumsi bahan bakar Baleno dengan transmisi manual bisa menembus 22,7 km per liter, sedangkan untuk transisi otomatis bisa menembus 20,66 km per liter. Suzuki Baleno memili tangki bahan bakar dengan kapasitas 37 liter yang memungkinkan melaju lebih dari 800 km.

PT SIS membanderol Baleno Hatchback dengan harga Rp195 juta untuk manual dengan pilihan transmisi 5 speed. Sedangkan untuk otomatis, pihaknya memberi harga Rp207.500.000 (OTR). Baleno hatchback hadir dengan enam pilihan warna, Solid Fire Red, Premium Urban Blue, Artic White, Silver Premium, Midnight Black, dan Met Granite Grey.

Baca juga artikel terkait GIIAS 2017 atau tulisan menarik lainnya Reja Hidayat
(tirto.id - Otomotif)

Reporter: Reja Hidayat
Penulis: Reja Hidayat
Editor: Yuliana Ratnasari
DarkLight