Gibran Sowan Megawati Usai Kantongi Dukungan PDIP di Pilkada Solo

Oleh: Haris Prabowo - 5 Agustus 2020
Dibaca Normal 1 menit
Setelah mengantongi restu dari PDIP untuk maju Pilkada Solo 2020, ini pertemuan pertama Gibran dengan Megawati.
tirto.id - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menerima kedatangan calon wali kota Solo yang juga putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming, di rumah Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Rabu (5/8/2020).

Gibran ditemani Ketua DPC PDIP Kota Solo yang juga Wali Kota FX Hadi Rudyatmo. Hadir juga Ketua DPP PDIP bidang politik, Puan Maharani.

Gibran resmi maju lewat PDIP sebagai Calon Wali Kota Solo berpasangan dengan Teguh Prakosa. Kunjungan ini merupakan yang pertama sejak Gibran mengantongi dukungan resmi dari PDIP di Pilkada Solo 2020 pada 17 Juli lalu.

Bertemu dengan Megawati dan Puan Maharani, Gibran mengaku hanya ngobrol santai diiringi santanan makanan ringan. Gibran datang ke sana setelah menjenguk kakaknya, Kahiyang yang melahirkan anak kedua.

"Banyak. Tapi intinya ngobrol ringan karena sudah lama nggak silaturahmi. Kebetulan rumah sakitnya [Kahiyang] kan deket sini, jadi mampir sebentar," kata Gibran.

Ia membenarkan pertemuan dengan Mega dan Puan membahas konsolidasi Pilkada 2020 mendatang.

"Heheheh, itu sudah beres. Sampun [sudah diselesaikan) Pak Rudy," katanya.

Sementara itu, FX Hadi Rudyatmo mengatakan sebagai Ketua DPC PDIP Solo, dia mengaku akan mulai memperkenalkan Gibran kepada struktur partai.

"Pesannya Ibu Mega ya tadi disampaikan tetap harus turun ke bawah, apa yang harus dilakukan usai terpilih harus sesuai dengan apa yang disampaikan saat kampanye. Itu saja, sederhana saja," kata Rudy.

Rudi mengklaim Achmad Purnomo, wawali Solo yang gagal memperoleh dukungan PDIP di Pilkada 2020, mendukung dan merestui Gibran-Teguh. Tapi Purnomo memilih tak masuk tim pemenangan karena sempat dikabarkan terinfeksi COVID-19 dan kini ia telah sembuh.

"Karena beliau sudah kondisi COVID-19 kayak begini, mending tak masuk tim pemenangan. Tapi kalau minta saran dan sebagainya, beliau mau masuk jalan terus," katanya.


Baca juga artikel terkait PILKADA 2020 atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Politik)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Zakki Amali
DarkLight