Gerindra Tak Sepakat Hanya PP yang Bisa Kawal Pancasila

Oleh: Bayu Septianto - 4 Maret 2019
Gerindra tak sepakat dengan pernyataan Jokowi bahwa PP yang bisa kawal Pancasila. Gerindra juga bisa mengawal Pancasila juga bisa.
tirto.id - Partai Gerindra tak sepakat dengan pernyataan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo yang mengatakan siapapun yang mau mengubah Pancasila akan berhadapan dengan Pemuda Pancasila (PP).

Pernyataan itu disampaikan Jokowi saat mendapatkan dukungan dari organisasi masyarakat yang dipimpin Yapto Soerjosoemarno pada Minggu (3/3/2019).

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad berpendapat, seluruh masyarakat Indonesia, tak hanya Pemuda Pancasila berkewajiban untuk mengawal keberadaan Pancasila. Termasuk Partai Gerindra yang sejak lama siap mengamalkan dan mengawal Pancasila.

"Kalau soal mengubah Pancasila, jangankan berhadapan dengan Pemuda Pancasila, yang akan mengubah Pancasila berhadapan dengan Gerindra," ujar Dasco yang juga Direktur Hukum dan Advokasi Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga itu saat dihubungi reporter Tirto, Senin (4/3/2019).

Dalam acara yang digelar di Istora Senayan itu, diketahui Ketua Umum Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila, Yapto Soerjosoemarno menjelaskan alasan deklarasi dukungan Pemuda Pancasila DKI Jakarta kepada pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin.

“Sebenarnya kami tidak mendukung, tapi kami memilih. Yang mendukung beliau adalah partai-partai. Pemuda Pancasila, untuk kemenangan Jokowi di Pilpres 2019, kami adalah pemilihnya,” kata dia pada acara deklarasi PP, Minggu (3/3/2019).

Menyambut sikap Yapto, Jokowi mengatakan siapapun yang berani mengganti ideologi Pancasila akan berhadapan dengan ormas tersebut.

“Saya yakin yang berani coba-coba mengganti Pancasila, akan berhadapan dengan Pemuda Pancasila. Sekali layar terkembang surut kita berpantang. Jangan main-main," kata Jokowi di lokasi yang sama.

“Jangan sampai ada yang berani ingin mengganti ideologi negara yaitu Pancasila dan juga Negara Kesatuan Republik Indonesia,” sambung Jokowi.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Politik)

Reporter: Bayu Septianto
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Agung DH