Gerindra Tak Masalah Bila Benar PKS Mau Ikut Koalisi Melalui PKB

Reporter: Irfan Amin, tirto.id - 24 Okt 2022 15:11 WIB
Sufmi Daso Ahmad mengatakan ada sejumlah partai yang berminat masuk ke dalam koalisi PKB dan Gerindra, tapi masih merahasiakan namanya.
tirto.id - Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan ada sejumlah partai yang berminat masuk ke dalam koalisi partainya dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Namun dia urung menyebutkan partai tersebut karena masih dalam tahap konsolidasi.

"Ada. Namun kami masih merahasiakan namanya. Dan akan kami umumkan pada saat waktunya," kata Dasco di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (24/10/2022).

Dasco juga mengungkapkan ada sejumlah partai yang menyampaikan keinginan hendak masuk ke dalam koalisi melalui PKB. Baginya hal itu bukanlah masalah apakah hendak masuk melalui PKB atau Gerindra.


Saat ini PKB dikabarkan sedang didekati Partai Keadilan Sejahtera (PKS) agar bisa bergabung di koalisi yang sudah dibentuk dengan Gerindra. PKS sendiri diketahui saat ini dekat dengan Nasdem dan Demokrat yang memiliki kesamaan mendukung Anies Baswedan menjadi capres.

"Apa yang disampaikan oleh Cak Imin [mengenai PKS mendaftar masuk koalisi] juga tidak bertentangan dengan keinginan kami. Untuk menjalin komunikasi dalam menghadapi Pileg dan Pilpres 2024," terangnya.

Dasco mengklaim Gerindra dengan PKB sudah semakin solid. Hal itu ditandai dengan segera diresmikannya kantor Sekretariat Bersama (Sekber) Gerindra-PKB. Nantinya kantor Sekber Gerindra-PKB akan digunakan sebagai area pemenangan baik di level Pileg maupun Pilpres 2024.

"Kami sudah menyiapkan sekretariat bersama antara Gerindra dan PKB dan sekarang sudah dalam tahap siap digunakan oleh kedua partai ini," ungkapnya.

Adapun peresmian Sekber Gerindra-PKB akan dilakukan dalam waktu dekat. Dasco menyebut pihaknya masih mencari tanggal dan momentum yang baik untuk peresmiannya.

"Kami akan konsultasikan dengan Bapak Prabowo dan Cak Imin. Karena sebagai orang timur kami akan mencari tanggal dan momen yang baik," ujarnya.



Baca juga artikel terkait PETA KOALISI PILPRES 2024 atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Politik)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Bayu Septianto

DarkLight