Gerindra Siap Beri Jatah Cawapres untuk Muhaimin, Klaim PKB Setuju

Reporter: Irfan Amin, tirto.id - 12 Agu 2022 15:38 WIB
Dasco mengklaim PKB akan menerima keputusan Gerindra untuk mengusung Prabowo sebagai capres pada Pemilu 2024.
tirto.id - Partai Gerindra mempersilakan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengusulkan nama calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilu 2024. Untuk posisi calon presiden, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan partainya tetap akan memilih ketua umum mereka, Prabowo Subianto, meski PKB juga mengusung Muhaimin Iskandar sebagai capres.

"Tentunya boleh, sebagai partai koalisi PKB memiliki hak untuk mengusulkan nama calon wakil presiden," kata Dasco di tengah acara Rapimnas Partai Gerindra di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/8/2022).

Dasco mengklaim PKB akan menerima keputusan Gerindra untuk mengusung Prabowo sebagai capres. Nantinya, Gerindra dan PKB akan banyak berdiskusi mengenai nama dalam pembahasan lebih lanjut.

"Saya pikir nanti akan ada komunikasi bersama. Karena perlu digarisbawahi bahwa syarat dalam koalisi dengan Gerindra adalah capres Prabowo Subianto," ujarnya.

Meski Gerindra dan PKB sudah akan melakukan deklarasi pada esok Sabtu (13/8/2022) namun belum ada program kerja yang bisa dibagikan kepada publik.

"Kalau program nanti akan dibicarakan setelah deklarasi dengan kedua belah pihak. Dari proses pencalonan hingga pemenangan," terangnya.

Di sisi lain PKB hingga saat ini masih bersikukuh mendukung Ketua Umum Muhaimin Iskandar sebagai calon presiden.

"Hingga saat ini PKB masih menjadikan Gus Muhaimin sebagai capres sesuai amanat muktamar," ujarnya.


Baca juga artikel terkait PEMILU 2024 atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Politik)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Bayu Septianto

DarkLight