Gerindra: Prabowo Bertemu Jokowi Untuk Selamatkan Kawan Politik

Oleh: Haris Prabowo - 19 Juli 2019
Tujuan Prabowo bertemu Jokowi di antaranya untuk menyelamatkan kawan-kawannya yang saat ini sudah dan sedang mengalami proses hukum, sehingga suasana yang kondusif.
tirto.id - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, pertemuan Prabowo dengan Jokowi akhir pekan lalu disebut mendadak dan situasional.

Penjelasan Prabowo kepada anggota Dewan Pembina Partai Gerindra berlangsung di rumahnya, Hambalang, Jumat (19/7/2019).

"Pada prinsipnya Pak Prabowo tadi menerangkan soal rencana pertemuan MRT yang memang tidak disampaikan ke Dewan Pembina, karena sifatnya mendadak dan situasional. Nah, namun tadi sudah disampaikan pada teman-teman Dewan Pembina bahwa pertemuan itu tujuannya adalah untuk meredam gejolak di masyarakat," kata Dasco, Jumat (19/7/2019).

Dasco juga mengatakan, Prabowo menjelaskan dalam rapat bahwa alasan pertemuannya dengan Jokowi adalah untuk menyelamatkan teman-teman politiknya yang sedang tersangkut proses hukum.


"Dan juga untuk kepentingan yang lebih besar, yaitu dalam upaya menyelamatkan kawan-kawan yang saat itu sudah dan sedang mengalami proses hukum sehingga suasana yang kondusif," kata dia.

"Sementara semua anggota Dewan Pembina dapat memahami langkah yang diambil Pak Prabowo dalam pertemuan MRT kemarin. Namun, untuk selanjutnya anggota Dewan Pembina meminta diadakan rapat-rapat rutin untuk membahas langkah selanjutnya yang akan diambil Gerindra," lanjutnya.

Sejumlah kolega politik Prabowo yang tersangkut masalah hukum di antaranya Bachtiar Nasir, Kivlan Zein, Ahmad Dani, dan Rizieq Shihab.

Dalam rapat itu ada pembahasan penyampaian laporan hasil Pileg 2019 yang hasilnya Partai Gerindra memiliki 78 anggota DPR RI terpilih dan 2.245 anggota DPRD Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Dari jumlah itu Gerindra menempatkan 3 orang, 1 orang Wakil Ketua DPR RI, 3 orang ketua DPR Provinsi, 50 Ketua DPRD Kabupten Kota, dan ada kurang lebih 164 Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kota. Dan 22 Wakil Ketua DPRD Provinsi.



Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Politik)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Zakki Amali
DarkLight