Gempa Malang M4,3 pada 24 Agustus Terasa Hingga Blitar & Trenggalek

Oleh: Addi M Idhom - 24 Agustus 2019
Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 4,3 mengguncang kawasan Malang dan sekitarnya pada Sabtu malam, 24 Agustus 2019. Pusat gempa ada di kedalaman 10 kilometer.
tirto.id - Gempa bumi dengan magnitudo 4,3 mengguncang kawasan Malang dan sejumlah daerah di Jawa Timur pada Sabtu malam (24/8/2019).

Gempa tersebut terjadi pada sekitar pukul 19.45 WIB. Guncangan akibat gempa tersebut terasa hingga skala MMI III. Artinya, getaran dirasakan nyata di dalam rumah seperti seakan-akan ada truk berlalu di dekat bangunan.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat pusat gempa dengan magnitudo 4,3 tersebut berada di laut dengan tingkat kedalaman dangkal.

Berdasarkan data BMKG, pusat gempa itu berada di kedalaman 10 kilometer. Lokasi pusat gempa tepatnya pada koordinat 8.83 LS dan 112.49 BT.


Pusat gempa di laut itu terletak di sekitar 77 kilometer arah Barat Daya Kabupaten Malang, Jawa Timur. Tidak ada informasi soal potensi tsunami setelah gempa ini terjadi.

Adapun guncangan akibat gempa pada Sabtu malam itu dirasakan di Malang, Trenggalek, Blitar, Tulungagung dan Kepanjen dengan dengan intensitas masing-masing skala MMI II-III.



Baca juga artikel terkait GEMPA MALANG atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Addi M Idhom
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight