Gempa Malang 5,2 SR Siang Ini Dirasakan Hingga Kuta dan Yogyakarta

Oleh: Yuliana Ratnasari - 8 Agustus 2018
Gempa 5,2 SR yang terjadi di Malang pada Rabu siang ini dirasakan hingga Kuta dan Yogyakarta, namun tidak berpotensi tsunami.
tirto.id - Gempa dengan kekuatan 5,2 Skala Richter (SR) melanda wilayah Malang, Jawa Timur pada Rabu (8/8/2018) siang ini sekitar pukul 13.09 WIB. BMKG mencatat, pusat gempa berada di laut sekitar 68 kilometer barat daya Kabupaten Malang.

Seperti dilansir laman remsi BMKG, gempa terjadi pada kedalaman 13 kilometer namun tidak berpotensi tsunami. Selain di Malang, getaran gempa juga dirasakan pada Skala III MMI di Karangkates, dan Blitar. Sementara di Tretes, Tulungagung, Lumajang, Yogyakarta, dan Kuta, kekuatan gempa berada pada skala II MMI.


BMKG menjelaskan, pada skala II MMI, getaran gempa dirasakan oleh beberapa orang, bahkan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sementara kekuatan gempa pada skala III MMI dijelaskan dengan getaran yang dirasakan nyata dalam rumah. "Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu," demikian pemaparan BMKG.

Wilayah Malang sebelumnya sempat diguncang gempa pada Sabtu, 28 Juli sebanyak lima kali berturut-turut. Meski demikian, peristiwa ini tidak menimbulkan dampak serius di wilayah Kabupaten Malang dan sekitarnya.

"Meski terjadi lima kali berturut-turut, gempa tidak ada berdampak apa-apa terhadap kondisi lingkungan alam. Untuk sementara masih aman dan mudah-mudahan memang aman untuk seterusnya," kata Kepala Stasiun Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karangkates Musripan di Malang, Jawa Timur, seperti dikutip Antara.


Baca juga artikel terkait GEMPA MALANG atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yuliana Ratnasari
Editor: Yuliana Ratnasari
DarkLight