Gempa Magnitudo 4,6 Guncang Lombok Rabu Dini Hari, Pusatnya di Laut

Oleh: Addi M Idhom - 19 Juni 2019
Gempa bumi dengan magnitudo 4,6 mengguncang Lombok pada Rabu (19/6/2019) dini hari. Pusat gempa ini berada di laut pada kedalaman 15 km.
tirto.id - Gempa bumi kembali mengguncang pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Rabu dini hari (19/6/2019) pukul 00.14 WIB. Gempa kali ini berkekuatan magnitudo 4,6.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat pusat gempa berada di laut pada kedalaman 15 kilometer. Sementara lokasi pusat gempa sekitar 21 km arah Timur Laut Kabupaten Lombok Utara.

Berdasarkan data BMKG, guncangan akibat gempa tersebut dirasakan pada skala MMI III di Lombok Utara. Selain itu, guncangan juga dirasakan di Lombok Tengah, Mataram dan Karangasem (Bali) pada skala MMI II.

Sebelumnya, guncangan akibat gempa dengan magnitudo 4,7 juga dirasakan di Lombok Timur dan Sumbawa Barat (skala MMI III) dan Lombok Utara (skala MMI II) pada pukul 15.42 WIB, Selasa (18/6/2019).

Gempa pada Selasa sore itu berpusat di laut dengan kedalaman 10 km. Lokasi pusat gempa berada di laut, sekitar 18 kilometer arah Barat Laut Pulau Panjang.

Gempa dengan kekuatan jauh lebih kecil, yakni magnitudo 2,8 juga sempat terasa guncangannya di Lombok Utara (MMI II) pada 18 Juni malam. Pusat gempa itu di darat pada kedalaman 19 km. Posisi pusat gempa sekitar 14 km arah Barat Laut Lombok Barat.




Baca juga artikel terkait GEMPA LOMBOK atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Addi M Idhom
Editor: Agung DH
DarkLight