Gempa Lombok Hari Ini: Magnitudo 4,2 & Dirasakan Hingga Karangasem

Oleh: Addi M Idhom - 15 November 2019
Gempa Lombok hari ini memicu guncangan yang terasa di sejumlah daerah dan berkekuatan Magnitudo 4,2.
tirto.id - Gempa terkini hari ini mengguncang kawasan Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kekuatan gempa tersebut, berdasarkan informasi resmi BMKG, sebesar Magnitudo 4,2.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan gempa Lombok hari ini terjadi pada sekitar pukul 18.40 WIB, Jumat, 15 November 2019.

Pusat gempa Lombok ini, sesuai data BMKG, berada pada jarak sekitar 15 km arah Barat Laut wilayah Kabupaten Lombok Utara, NTB.

Tepatnya, pusat gempa tersebut berlokasi pada titik koordinat 8.29 LS dan 116.04 BT. Sedangkan kedalaman pusat gempa Lombok hari ini adalah 10 kilometer. Artinya pusat gempa ini terbilang dangkal.

Guncangan akibat gempa tersebut terasa di sekitar wilayah Pulau Lombok hingga Karangasem (Bali), pada skala MMI berbeda. Menurut BMKG, guncangan gempa Lombok hari ini dirasakan pada 4 daerah berikut ini.
  • Lombok Utara (III MMI)
  • Lombok Barat (III MMI)
  • Mataram (II MMI)
  • Karangasem (II MMI)

Guncangan gempa disebut berada pada skala II MMI jika getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Sementara guncangan gempa disebut berada pada kategori skala III MMI apabila getaran dirasakan nyata dalam rumah. Getaran itu terasa seakan-akan ada truk berlalu.

Baca juga artikel terkait GEMPA LOMBOK atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Addi M Idhom
Editor: Agung DH
DarkLight