Gempa Lebak 5,2 SR Terjadi Senin Malam dan Tak Berpotensi Tsunami

Oleh: Addi M Idhom - 19 Maret 2018
BPBD Lebak dan BPBD Sukabumi belum menerima laporan tentang dampak kerusakan akibat gempa 5,2 SR yang terjadi pada Senin malam.
tirto.id - Gempa berkekuatan 5,2 Skala Richter (SR), dengan pusat di perairan arah barat daya Lebak, Banten, muncul pada Pukul 18.36 WIB, Senin malam (19/3/2018).

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengumumkan gempa tektonik tersebut berpusat di kedalaman 10 kilometer. Lokasi pusat gempa ada pada 98 km barat daya Lebak, tepatnya di koordinat 7.40 LS, 105,95 BT.

BMKG memastikan gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami. BMKG juga mencatat getaran akibat gempa bumi itu dirasakan di kawasan sekitar Lebak dan Sukabumi, yakni Panggarangan, Bayah, Surade, Cikatomas, Pelabuhan Ratu hingga Munjul. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Kaprawi mengaku belum menerima laporan adanya kerusakan di lokasi yang berdekatan dengan pusat gempa.

"Kami minta warga pesisir selatan tidak panik dan gempa Lebak tidak menimbulkan tsunami," ujarnya seperti dikutip Antara.

BPBD Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, juga belum menerima ada laporan kerusakan pascagempa tersebut.

"Kami masih menunggu informasi dari relawan yang bertugas di setiap kecamatan sekaligus melakukan pendataan khawatir pascagempa ini ada bangunan baik rumah warga maupun fasilitas umum lain yang rusak," kata Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Sukabumi Eka Widiaman.

Menurut dia, gempa pada Senin malam memang cukup kencang, tetapi durasinya sebentar yakni sekitar satu sampai dua detik.

Pihaknya juga mengimbau warga tidak mempercayai pesan berantai atau informasi dan isu yang belum tentu kebenarannya terkait gempa susulan.

"Kepada warga kami pun mengimbau jika ada fasilitas umum maupun rumah yang rusak akibat gempa ini untuk segera dilaporkan dan ditanggulangi," kata Eka.

Baca juga artikel terkait GEMPA atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Addi M Idhom
Penulis: Addi M Idhom
Editor: Addi M Idhom
DarkLight