Gempa Hari Ini Guncang Sumba Tengah, Fakta dan Penjelasan BMKG

Oleh: Ibnu Azis - 25 Desember 2020
Dibaca Normal 1 menit
Episenter pada koordinat 9,22 LS dan 119,74 BT tepatnya di laut 47 km arah timur laut Kota Waibakul, Sumba Tengah, NTT dengan kedalaman 29 km.
tirto.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis info gempa terkini hari ini, Jumat, 25 Desember 2020, yang terjadi pada pukul 18.40 WIB dengan magnitudo update 5,0.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa episenter terletak pada koordinat 9,22 LS dan 119,74 BT tepatnya di laut pada jarak 47 km arah timur laut Kota Waibakul, Sumba Tengah, NTT dengan kedalaman 29 km.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono melalui keterangan tertulis mengatakan, berdasarkan lokasi pusat gempa, kedalaman, dan mekanisme sumbernya, gempa ini tidak dipicu oleh aktivitas subduksi lempeng di zona megathrust.

Daryono menjelaskan bahwa gempa itu akibat aktivitas sesar aktif di dasar laut utara Pulau Sumba dengan mekanisme oblique yang merupakan kombinasi pergerakan turun dan mendatar yang berarah relatif utara – selatan.

"Guncangan gempa ini dirasakan cukup kuat di Waingapu, Waibakul, Labuan Bajo, dan Tambolaka dalam skala intensitas III-IV MMI hingga menyebabkan warga lari berhamburan keluar rumah," ujar Daryono.

"Sementara itu di Bima dan Ruteng guncangan dirasakan dalam skala intensitas III MMI menyebabkan guncangan seperti truk berlalu," sambungnya.


Kendati guncangan gempa cukup kuat tapi hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

"Wilayah Sumba merupakan kawasan aktif gempa karena wilayahnya yang berdampingan dengan sumber gempa Megathrust Sumba dan berdekatan dengan jalur sesar aktif," kata Drayono.

Sehingga menurut Daryono strategi mitigasi yang harus dilakukan oleh masyarakat adalah pentingnya membangun bangunan tahan gempa atau bangunan rumah berbahan ringan dari kayu dan bambu, yang didesain menarik serta memahami cara selamat saat terjadi gempa.



Baca juga artikel terkait GEMPA atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight