Gempa Bumi Terkini dan Penjelasan BMKG Soal Penyebab Gempa Klaten

Oleh: Nur Hidayah Perwitasari - 19 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Menurut BMKG penyebab gempa bumi di kawasan Klaten lebih diakibatkan oleh sesar yang belum teridentifikasi (unidentified fault).
tirto.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan geofisika (BMKG) menginformasikan penyebab gempa yang terjadi tadi malam di Klaten, Jawa Tengah, Selasa (19/11/2019).

Menurut BMKG dalam siaran pers yang diterima redaksi Tirto, berdasar hasil analisis gempa yang terjadi 3 kali di Klaten tadi malam diakibatkan oleh sesar yang belum teridentifikasi.

“Kejadian gempa bumi di kawasan Klaten tersebut lebih diakibatkan oleh sesar yang belum teridentifikasi (unidentified fault), karena belum dapat dipastikan kejadian tersebut bagian dari kemenerusan sesar opak atau sesar lokal yang berada di Klaten bagian selatan,” ujar BMKG Stasiun Klimatologi DIY.

BMKG menambahkan berdasarkan penelitian Supartoyo dari Badan Geologi, sesar lokal di wilayah Klaten adalah sesar dengkeng dan jiwo.

Kedua lokasi sesar tersebut berada di Klaten Selatan yang berbatasan dengan Gunungkidul. Sedangkan untuk sesar opak, menurut BMKG merujuk peta geologi yang ada terusan jalur sesar memang hanya berakhir di sekitar Kalasan dan Prambanan.

Sehingga belum dapat dipastikan terusan jalur tersebut hingga kawasan Klaten. Untuk memastikan hal tersebut menurut BMKG diperlukan kajian dan data yang lebih banyak. Sebelumnya BMKG menginformasikan terjadinya gempa di Klaten, Jawa Tengah, Senin (18/11/2019).

1. Gempa pertama terjadi pada pukul 12:36:55 WIB dengan magnitudo 2.3 dan kedalaman 4 kilometer.

Gempa tersebut berlokasi di 7.72 Lintang Selatan, 110.58 Bujur Timur atau 1 kilometer Barat Daya Klaten, Jawa Tengah.

2. Gempa kedua terjadi pada 19:25:44 WIB dengan magnitudo 2.1 dan kedalaman 5 kilometer.

Lokasi gempa tersebut berada di 7.69 Lintang Selatan, 110.58 Bujur Timur atau 2 kilometer Barat Laut Klaten, Jawa Tengah.

3. Gempa ketiga terjadi pada 22:30:01 WIB dengan magnitudo 1.7 dan kedalaman 4 kilometer.

Gempa tersebut berlokasi di 7.70 Lintang Selatan, 110.59 Bujur Timuratau 1 kilometer Utara Klaten, Jawa Tengah.

Selain ketiga gempa tersebut BMKG juga mencatat hari ini BMKG Stasiun Klimatologi DIY juga menginformasikan dini hari tadi pukul 00:21:45 WIB telah terjadi gempa di Gunungkidul, Jogja dengan magnitudo 2.8 dengan kedalaman 7 kilometer.

Gempa tersebut berlokasi di 8.91 Lintang Selatan, 110.54 Bujur Timur atau 102 kilometer Barat Daya Gunungkidul.


Baca juga artikel terkait GEMPA BUMI atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Agung DH
DarkLight