Gempa Bumi Kekuatan M 1,3 Guncang Bantul Hari Ini

Penulis: Alexander Haryanto, tirto.id - 3 Nov 2022 10:19 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berikut adalah berita terkini gempa bumi di Bantul, Yogyakarta hari ini pukul 07:16 WIB.
tirto.id - Gempa bumi berkekuatan 1,3 magnitudo mengguncang wilayah Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada pagi ini, Kamis, 3 November 2022 pukul 07:16 WIB.

Hal itu disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Twitter resminya @bmkgjogja.

Selengkapnya, gempa tersebut berada di lokasi koordinat 7.93 Lintang Selatan,110.48 Bujur Timur atau sekitar 14 kilometer Tenggara Bantul-DIY, dengan kedalaman 18 kilometer.

Pada hari ini pukul 02:05 WIB gempa berkekuatan 2,5 magnitudo juga terjadi di wilayah Bantul. Lokasinya tepat di 8.32 Lintang Selatan,110.32 Bujur Timur, atau 46 kilometer Barat Daya Bantul-DIY), dengan kedalaman 15 kilometer.

Tidak cuma Bantul, gempa dangkal kedalaman 10 kilometer juga mengguncang wilayah Kecamatan Mandonga, Kota Kendari di Sulawesi Tenggara, tepat Selasa pukul 19.12 Wita. Hal itu disampaikan BMKG Kendari.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin gempa bermagnitudo 3,2 terletak pada koordinat 3,97 Lintang Selatan dan 122,52 Bujur Timur.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar Kendari, Segmen Utara di Tenggara Mandonga, Kota Kendari," katanya seperti dikutip Antara News.

Menurut Stasiun Geofisika Kendari, gempa itu berpusat sekitar 2,8 km, Tenggara Mandonga, Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara pada skala II-III.

Getaran itu dirasakan dalam rumah dan terasa seakan-akan ada truk yang lewat. Tapi, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah," kata Rudin.


Baca juga artikel terkait AKTUAL DAN TREN atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight