Gempa Banten, BPBD Pandeglang: Kondisi Alam Laut Sumur Aman

Oleh: Dewi Adhitya S. Koesno - 2 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Pasca gempa tsunami 7,4 SR, BPBD Pandeglang menyatakan kondi alam di laut sumur aman dan lalu lintas lancar.
tirto.id - Usai gempa magnitudo 7,4 melanda Banten, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang menyatakan, kondisi alam di laut Sumur aman dan lalu lintas juga lancar.

"Tadi kita mendapat laporan dari relawan, semuanya aman. Hanya warga Sumur sudah berada di pengungsian," kata Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Pandeglang, Lilis di Pandeglang, Jumat (2/8/2019) malam.

Menurutnya, tidak ada pergerakan air laut di wilayah itu.

"Sampai pukul 20.25 WIB, aman ya, semoga memang tidak terjadi apa-apa," ucapnya.

Gempa bumi yang berkekuatan 7,4 SR, pada pukul 19.03.21 WIB tersebut berlokasi di 7.54 lintang selatan, 104.58 bujur timur.

Pusat gempa berada di 147 Km barat daya Sumur, Kabupaten Pandeglang dengan kedalaman 10 Km.

BPBD Kabupaten Lebak, Provinsi Banten juga belum menerima laporan kerusakan infrastuktur maupun bangunan rumah warga, juga korban jiwa akibat gempa berkekuatan 7,4 yang terjadi Jumat malam.

"Kami belum menerima laporan relawan kecamatan dampak yang ditimbulkan gempa cukup besar itu," kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Lebak, Kaprawi di Lebak, Jumat (2/8/2019) seperti dilansir Antara.


BPBD Lebak siap melaksanakan evakuasi dan pertolongan jika terjadi kerusakan maupun korban akibat gempa.

Saat ini, BPBD siaga dan mengerahkan seluruh relawan kecamatan untuk melaksanakan pemantauan agar tidak menimbulkan kerusakan maupun korban jiwa.

“Kami sejauh ini belum menerima laporan kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa itu,” kata dia.

Sementara itu, warga pesisir selatan Kabupaten Lebak mengungsi ke tempat perbukitan guna menghindari bencana gempa dan tsunami.

"Kami belum menerima laporan kerusakan, namun warga mengungsi karena gempa cukup besar," kata Erwin, tokoh warga Pantai Sawarna Kabupaten Lebak.


Berdasarkan akun twitter resmi BMKG, gempa berkekuatan 7,4 SR dengan pusat gempa 147 KM Barat Daya Sumur Banten (104,58 Bujur Timur), kedalaman 10 KM tersebut, maka BMKG memberikan peringatan potensi tsunami

Dari situs inatews.bmkg.go.id sejumlah daerah yang dimintai untuk waspada antara lain di sebagian Banten, Bengkulu , Jawa Barat dan Lampung.


Baca juga artikel terkait GEMPA BANTEN atau tulisan menarik lainnya Dewi Adhitya S. Koesno
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dewi Adhitya S. Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight