Gempa 7,5 SR di Papua Nugini pada Selasa Malam Berpotensi Tsunami

Oleh: Ibnu Azis - 15 Mei 2019
Tinggi gelombang tsunami hingga 1 meter diperkirakan menerjang di sepanjang wilayah pantai, termasuk di Kepulauan Solomon dan Papua Nugini.
tirto.id - Gempa bumi berkekuatan 7,5 skala richter mengguncang Papua Nugini pada Selasa (14/5/2019) malam memicu peringatan tsunami di seluruh kawasan pesisir hingga 1.000 kilometer.

Menurut keterangan Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) yang dilansir Associated Press, pusat gempa relatif dangkal di kedalaman 10 kilometer, terletak 45 kilometer timur laut Kokopo, kota terpencil dengan populasi sekitar 26.000 jiwa.

USGS memperkirakan kerusakan dan jumlah korban rendah lantaran daerah tersebut jarang penduduk.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik di AS mengatakan tinggi gelombang tsunami hingga 1 meter diperkirakan menerjang di sepanjang wilayah pantai, termasuk di Kepulauan Solomon dan Papua Nugini.

Dikatakan tidak ada ancaman tsunami ke Hawaii atau Guam.

Papua Nugini yang letaknya di bagian timur pulau Nugini atau di sebelah timur Indonesia, terletak di wilayah "Cincin Api" Pasifik di sekitar Samudra Pasifik. Wilayah ini banyak gempa dan aktivitas gunung berapi terjadi.

Pada Februari 2018 saat gempa berkekuatan 7,5 skala richter mengguncang di kawasan pusat Papua Nugini menewaskan sedikitnya 125 orang dan memaksa 35.000 orang mengungsi.


Baca juga artikel terkait GEMPA PAPUA NUGINI atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight