Gempa 6,9 SR Guncang Sulteng pada 12 April 2019, Berpotensi Tsunami

Oleh: Addi M Idhom - 12 April 2019
Gempa 6,9 SR mengguncang kawasan Sulawesi Tengah pada Jumat malam, 12 April 2019.
tirto.id - BMKG mengumumkan gempa bumi berkekuatan 6,9 SR mengguncang kawasan Sulawesi Tengah, pada Jumat malam (12/4/2019).

Twitter resmi BMKG merilis data gempa tersebut terjadi pada sekitar pukul 19.40 WITA. Adapun pusat gempa bumi diperkirakan pada posisi 87 kilometer arah Barat Daya Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah. Pusat gempa ini ada di kedalaman 10 km.

BMKG mencatat guncangan gempa ini dirasakan di Poso, Buol, Morowali, Banggai dan Palu (skala IV MMI), Kolaka Utara dan Toli-toli (III-IV MMI).

Selain itu gempa juga terasa di Sumalata, Kotamobagu, Palopo, Kolaka, Makassar dan Kepulauan Konawe (skala III MMI), Gorontalo dan Kendari (II-III MMI) hingga Manado, Pinrang dan Konawe (II MMI).

Dalam keterangan tertulisnya, Juru Bicara BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menyatakan gempa itu, sesuai laporan BMKG, berpotensi tsunami, terutama di kawasan Kecamatan Toili, Kabupaten Banggai.

Berdasarkan laporan Antara, gempa ini menyebabkan ribuan warga berlarian ke tempat-tempat tinggi atau gunung. Hal ini karena laporan BMKG menyebutkan bahwa gempa itu berpotensi tsunami.

"Kami sudah ada di lereng gunung ini bersama ratusan warga lainnya," kata Pian, seorang warga Luwuk, Ibu Kota Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah yang dihubungi melalui telepon oleh Antara.

Sementara Amelia, warga kota setempat lainnya mengaku sedang menyimpan barang-barangnya di dalam rumah untuk selanjutnya mengungsi.

"Kami siap-siap ke gunung Om, karena ada laporan, air laut di pantai sudah surut," ujar ibu satu anak yang juga pendeta tersebut.


Baca juga artikel terkait GEMPA BUMI atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Addi M Idhom
Editor: Agung DH