Gempa 6,1 SR Guncang Manokwari Selatan, Warga Sempat Panik

Oleh: Dewi Adhitya S. Koesno - 28 Desember 2018
Gempa dirasakan selama 6 detik dan cukup kuat, masyarakat sempat panik serta keluar dari rumah/bangunan.
tirto.id - Gempa bumi berkekuatan 6,1 SR mengguncang wilayah Manokwari Selatan, Papua Barat pada Jumat (28/12/2018) sekira pukul 10.03.33 WIB. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya mengatakan, gempa selama 6 detik yang dirasakan cukup kuat itu, sempat membuat masyarakat merasa panik dan keluar dari rumah atau bangunan.

Sementara di Kabupaten Manokwari gempa juga terasa cukup kuat dan berlangsung selama 5 detik.

"Gempa dirasakan kencang selama 5 detik di Kab. Manokwari, masyarakat setempat panik, saat ini nelayan dan warga berkumpul di kantor Bupati / lapangan," tulis Sutopo.

BNPB, lanjutnya, akan memberikan informasi lanjutan jika ada perkembangan terkini.

"Gempa ini tidak berpotensi tsunami, Informasi lebih lanjut akan diberikan jika ada perkembangan dampak gempa," terangnya.

Laman resmi Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, pusat gempa berada di darat dengan kedalaman 26 kilometer.

Sementara titik lokasi gempa di koordinat 1,40 Lintang Selatan dan 134,10 Bujur Timur atau 55 kilometer dari arah tenggara dari Manokwari Selatan, Papua Barat.


Baca juga artikel terkait GEMPA PAPUA atau tulisan menarik lainnya Dewi Adhitya S. Koesno
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dewi Adhitya S. Koesno
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight