Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,8 mengguncang wilayah Solok Selatan, Sumatera Barat, pada pukul Kamis (28/2/2019) pukul 01.55.02 WIB dan disusul gempa lanjutan yang lebih besar yaitu sebesar 5,6 SR pada pukul 06.27.05 WIB.

Kepala Pelaksana BPBD Solok Selatan Johhny Hasan Basri saat dikonfirmasi dari Padang, Kamis menyebutkan laporan sementara gempa bumi mengakibatkan satu rumah warga Jorong Koto Sungai Kunyit, Kecamatan Sangir Balai Janggo, rusak.

"Kami masih mengumpulkan data kerusakan dan korban jiwa. Masyarakat sendiri dalam kondisi tenang," imbuhnya sebagaimana dilansir Antara.

Menurut BMKG Padang Panjang pusat gemp abumi ini berada di darat pada koordinat 1,59 Lintang Selatan dan 101.27 Bujur Timur, tepatnya 19 kilometer Barat Daya Kabupaten Solok Selatan, pada kedalaman 11 kilometer.

Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar sumatera, khususnya segmen Sianok.

Segmen Sianok memanjang dari sisi timur Danau Singkarak melewati sisi Barat Daya Gunung Marapi hingga Ngarai Sianok, panjang segmen ini sekitar 90 km.

Segmen Sianok mempunyai kecepatan pergeseran 23 mm/tahun dengan tipe pergeseran strike-slip (mendatar).

Sementara sesuai laporan dari masyarakat goncangan tersebut dirasakan di Solok Selatan berkisar II Skala Intensitas Gempabumi BMKG (SIG-BMKG) atau antara II-III MMI.

Hingga pukul 02.44 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan ada 1 kali aktivitas gempa bumi susulan.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Tirto di Twitter resmi BMKG, daerah yang sama kembali diguncang gempa dengan kekuatan lebih besar pada pagi ini. Gempa berkekuatan 5.6 SR ini terjadi pada Kamis (28/02/2019) 06:27:05 WIB.

"Pusat gempa di darat 38 km Timur Laut Pasaman dengan kedalaman10 Km. Dirasakan (MMI) IV Solok Selatan, III-IV Padang, II-III Painan, II-III Padang Panjang, II Muaro Siberut, II Mukomuko, II Bukittinggi, II Payakumbuh 50 Kota, II Kepahiang," tulis BMKG di akun twitternya.


Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.