Gaun-Gaun Diplomatis Putri Diana Akan Dipamerkan Pekan Ini

Oleh: Mutaya Saroh - 23 Februari 2017
Gaun-gaun yang dikenakan oleh Putri Diana akan dipamerkan pekan ini. Kurator menyebut koleksi gaun tersebut menunjukkan pemahaman Diana tentang bagaimana menggunakan mode sebagai alat diplomasi.
tirto.id - Gaun-gaun yang dikenakan oleh Putri Diana dalam berbagai acara, mulai dari pertemuan dengan diplomat hingga menari dengan bintang film dihadirkan dalam pameran. Pameran itu bertujuan untuk mengenang salah satu bangsawan favorit Inggris tersebut, yang dibuka di London pekan ini.

Sebanyak 25 koleksi gaun akan ditampilkan mulai hari Jumat hingga akhir tahun di Kensington Palace, tempat di mana dia tinggal selama lebih dari 15 tahun. Pameran tersebut bertepatan dengan peringatan kematiannya yang ke-20.

Dalam pameran tersebut akan ditampilkan gaun beludru tinta biru yang dikenakan Diana saat menari dengan aktor John Travolta di Gedung Putih pada 1985, serta gaun "Elvis"-nya yang berkerah tinggi dan bertahtakan mutiara.

Koleksi gaun tersebut juga menunjukkan pemahaman Diana tentang bagaimana menggunakan mode sebagai alat diplomasi. Sebagai contoh terdapat salah satu gaun yang menggabungkan burung nasional Saudia Arabia, elang.

"Pameran kami mengeksplorasi kisah tentang seorang wanita muda yang harus cepat mempelajari aturan kerajaan dan pakaian diplomatik, yang di dalam prosesnya menempatkan dirinya sebagai sorotan industri mode dan desainer Inggris," kata Eleri Lynn, kurator "Diana: Her Fashion Story", seperti dilansir dari Antara, Kamis, (23/2/2017).

Diana, ibu Pangeran William dan Harry, menikah dengan pewaris tahta Pangeran Charles pada tahun 1981 hingga 1996 saat pasangan tersebut bercerai. Dia meninggal karena mengalami kecelakaan mobil di Paris pada tahun 1997.

Baca juga artikel terkait PUTRI DIANA atau tulisan menarik lainnya Mutaya Saroh
(tirto.id - Gaya Hidup)

Reporter: Mutaya Saroh
Penulis: Mutaya Saroh
Editor: Mutaya Saroh