Ganjar-Taj Yasin Unggul di Hasil Quick Count Pilgub Jateng 2018

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 27 Juni 2018
Ganjar-Taj Yasin memperoleh suara 58,58 persen (SMRC) dari 100 persen data dan 58,3 persen dari 98,25 persen data yang masuk menurut LSI Denny JA.
tirto.id - Pasangan cagub dan cawagub Ganjar Pranowo-Taj Yasin unggul dalam hasil quick count (hitung cepat) yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) dan LSI Denny JA di Pilgub Jawa Tengah 2018.

Ganjar-Taj Yasin memperoleh suara 58,58 persen (SMRC) dari 100 persen data dan 58,3 persen dari 98,25 persen data menurut LSI Denny JA, disusul Sudirman Said-Ida Fauziyah dengan 41,42 persen (SMRC) dan 41,7 persen (LSI Denny JA).

Ganjar tak menang telak dari pasangan penantang. Berdasarkan survei sebelumnya, pasangan Ganjar-Taj Yasin yang diusung oleh Partai Nasdem, Partai Demokrat, PPP, dan PDIP unggul telak dari Sudirman-Ida.

Menurut hasil survei lembaga Roda Tiga Konsultan periode 28 Mei-2 Juni 2018, pasangan Ganjar-Taj Yasin mendapat angka sebesar 42,7 persen. Sementara, pasangan penantang yang diusung PKB, PKS, PAN, dan Partai Gerindra mendapat angka sebesar 11,9 persen. Yang belum menentukan pilihan sebesar 45,4 persen.

Berdasarkan survei simulasi surat suara yang digelar Indo Barometer pada 7-13 Juni 2018, tingkat keterpilihan pasangan Sudirman-Ida sebesar 21,1 persen, sementara Ganjar-Taj Yasin sebesar 67,3 persen.

Usai melihat hasil quick count sore ini, Taj Yasin menyambangi kediaman Ganjar Pranowo di Jalan Tengger Timur, Gajahmungkur, Semarang, sekitar pukul 15.30 sore. Keduanya langsung berpelukan mensyukuri kemenangan mereka berdasarkan hasil hitung cepat beberapa lembaga survei.

Sebelum berangkat ke kediaman Ganjar, Gus Yasin terlebih dahulu menggunakan hak pilihnya di TPS 4 Desa Karangmangu, Sarang, Rembang.

Ia mengaku membawa pesan dari ayahnya, KH Maimun Zubair untuk disampaikan kepada para simpatisan dan para pendukung dirinya dan Ganjar.

"Beliau pesan tidak boleh berfoya-foya tetap merangkul, memikirkan masyarakat Jawa Tengah, beliau minta doa semoga pasangan Ganjar-Yasin ini selalu amanah dan diberkahi, dijauhi dari korupsi," tuturnya di kediaman Ganjar Pranowo, Rabu (27/6/2018).


Baca juga artikel terkait PILGUB JATENG 2018 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Politik)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight