Indonesia Open 2019

Ganda Campuran Tinggal Tontowi-Winny, Butet: Harus Ada Evaluasi

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 18 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Liliyana Natsir mengaku terkejut karena di babak 8 besar nomor ganda campuran Indonesia Open 2019, tinggal tersisa pasangan Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow.
tirto.id - Mantan pebulutangkis Indonesia, Liliyana Natsir mengaku terkejut dengan tersingkirnya sejumlah pasangan ganda campuran Indonesia di Indonesia Open 2019. Menurutnya perlu ada evaluasi. Pada babak perempat final yang akan dihelat Jumat(19/7/2019) besok, pasangan Tontowi Ahmad dan Winny Oktavina Kandow akan jadi satu-satunya wakil tuan rumah.

“Ya, saya agak terkejut. Harus ada evaluasi, tapi tetap targetnya di Olimpiade. Saya berharap di pertandingan-pertandingan yang sekarang-sekarang ini bisa jadi pengalaman buat mereka walaupun ekspektasinya sih pengen tetep ganda campuran ada yang juara,” tutur perempuan yang akrab disapa Butet itu di Istora Senayan, Kamis (18/7/2019).

Dari tiga wakil ganda campuran Indonesia, dua di antaranya telah tersingkir. Pasangan Praveen Jordan dan Melati Daeva Oktavianti gugur pada hari pertama di tangan wakil Jerman, Mark Lamsfuss dan Isabel Heerttrich.

Sementara duet Gloria Emanuelle Widjadja dan Hafiz Faizal tersingkir usai dikalahkan 15-21 dan 18-21 oleh ganda Malaysia, Goh Soon Huat dan Lai Shevon Jamie.



Walau terkejut, Butet berharap mental dua ganda campuran Indonesia yang tersingkir tidak lantas turun. Sebab Olimpiade 2020 semakin dekat dan persaingan untuk memperebutkan posisi di turnamen tersebut bakal berlangsung lebih ketat.

“Saya beharap mereka jangan down, jangan bekecil hati. Karena saya sebelumnya sering bilang, kalau sebelum [saya juara] di Olimpiade Rio 2016 itu saya juga dalam kondisi yang sama. Saya agak down karena sering kalah. Tapi yang penting di Olimpiade nanti mereka bagaimana persiapannya," tuturnya.

"Ke Jordan/Melati, saya juga sering bilang, ‘enggak apa-apa kamu kalah, tapi apa yang kamu lakukan kamu harus bisa dapat pelajaran dari itu: kamu kalah kenapa? apa yang salah? persiapan bagaimana? komunikasi bagaimana? Kamu harus belajar. Jangan enggak dapat apa-apa di pertandingan. Harus ada evaluasi juga, biar ada
progessnya,” tambah mantan pasangan Tontowi Ahmad ini.

Turnamen Indonesia Open 2019 masih akan berlanjut Jumat (19/7/2019) besok dengan rangkaian pertandingan perempat final. Butet berjanji akan terus memberikan dukungan, tidak hanya untuk ganda campuran, tapi juga
kepada seluruh wakil tuan rumah.

“Walaupun saya enggak main, saya datang untuk menyuport teman-teman. Bukan cuma ganda campuran saja, tapi juga semua wakil Indonesia,” tandasnya.

Baca juga artikel terkait INDONESIA OPEN 2019 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Herdanang Ahmad Fauzan
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight