G-Dragon BIGBANG: Biodata, Profil, Karier Musik dan Jumlah Kekayaan

Oleh: Maria Ulfa - 24 Februari 2021
Dibaca Normal 4 menit
GD dikenal sebagai seorang rapper, penyanyi, penulis lagu, produser, pengusaha dan desainer fesyen. Ia juga dijuluki sebagai “King of K-Pop”.
tirto.id - Nama G-Dragon BIGBANG sedang ramai diperbincangkan di tanah air usai muncul kabar kencan antara dirinya dan Jennie BLACKPINK pada Rabu (24/2/2021).

Namun, setelah itu YG Entertainment, selaku agensi kedua artis tersebut segera memberikan respons dan mengatakan bahwa sulit mengkonfirmasi kabar kencan tersebut karena itu adalah kehidupan pribadi sang artis.

G-Dragon atau GD memiliki nama asli Kwon Ji Yong dan lahir pada 18 Agustus 1988 di Seoul, Korea Selatan. Ia melangsungkan debut sebagai anggota BIGBANG pada 2006 di bawah YG Entertainment.

GD dikenal sebagai seorang rapper, penyanyi, penulis lagu, produser, pengusaha dan desainer fesyen. Ia juga dijuluki sebagai “King of K-Pop”.

Biodata & Profil G-Dragon


Kwon Ji Yong memulai kariernya pada usia enam tahun sebagai bagian dari grup Little Roo'Ra. Setelah merilis album Natal, kontrak grup tersebut diakhiri oleh perusahaan rekamannya yang membuat GD terkejut.

Tak lama setelah itu, GD direkrut oleh SM Entertainment dalam perjalanan ski bersama keluarganya. Dia adalah seorang peserta pelatihan di bawah label rekaman tersebut selama lima tahun (dari 8-13 tahun).

Di kelas tiga, seorang teman memperkenalkan GD ke grup rap Amerika Wu-Tang Clan. Karena terinspirasi oleh musik mereka, GD mulai mengembangkan minat dalam rap dan mulai mengambil kelas rap untuk mengasah kemampuannya.

Di bawah pengawasan People Crew, ia berpartisipasi dalam perilisan album hiphop Korea Flex pada tahun 2001, menjadi rapper Korea termuda pada usia 13 tahun.

Setelah itu, GD menarik perhatian Sean, duo hiphop Jinusean, penyanyi di bawah YG Entertainment. Sean lantas merekomendasikan GD kepada CEO label rekamannya, Yang Hyun Suk.

Setelah menandatangani kontrak dengan label rekaman,GD menghabiskan tahun pertama membersihkan studio untuk artis lain di label rekaman dan mengambil botol air selama latihan menari.

GD dan trainee lainnya, Dong Young Bae (Taeyang BIGBANG) awalnya berencana untuk debut sebagai duo hiphop GDYB.

GD sendiri memilih nama panggung G-Dragon yang artinya, "Ji" diucapkan seperti "G", dan Yong adalah bahasa Korea untuk "dragon" atau “naga”.

Dia sempat tampil di album artis lain dan bahkan merilis beberapa single dengan Young Bae di bawah nama "GDYB”.

Setelah YG Entertainment membatalkan rencananya dan memilih boy group sebagai gantinya, GD menghubungi Choi Seung Hyun untuk mengikuti audisi di YG Entertainment.

Setelah itu, GD, Young Bae (yang memilih nama panggung Taeyang), dan Choi Seung Hyun (yang memilih nama panggung T.O.P), dipasangkan dengan dua anggota lainnya Daesung dan Seungri, lalu debut sebagai BIGBANG.

Karier Musik G-Dragon


Setelah debut bersama BIGBANG pada 2006, GD melangsungkan debut solo pada 2009 dengan album lengkap pertamanya Heartbreaker.

Album tersebut menampilkan kolaborasi dengan beberapa artis YG, termasuk Teddy dari 1TYM, Taeyang, Kush, CL dan Sandara Park dari 2NE1.

Album debut tersebut terjual melebihi 300.000 eksemplar dan memenangkan Album of the Year dari 2009 Mnet Asian Music Awards.

Sementara, mini album pertama GD, One of a Kind dirilis pada tanggal 15 September 2012 dan berhasil menarik ulasan positif. Album tersebut berada di posisi pertama di Billboard World Album Chart dan memasuki Billboard 200 Chart di posisi 161.

Tiga single dirilis untuk mendukung album tersebut, salah satunya One of a Kind yang membuatnya mendapatkan penghargaan Best Hip Hop dan Rap Song of the Year masing-masing dari Korean Music Awards dan Rhythmer Awards.

Album tersebut terjual lebih dari 200.000 eksemplar, menjadikannya album solo dengan penjualan tertinggi di Korea sejak rilis album debutnya Heartbreaker pada tahun 2009.

Berkat itu, GD memenangkan Best Male Solo Artist di Mnet Asian Music Awards ke-14 dan penghargaan Record of the Year untuk One of a Kind di Seoul Music Awards ke-22.

GD juga memulai "One of a Kind World Tour" pada 2013, menjadi artis solo Korea pertama yang mengadakan tur empat dome di Jepang dan artis solo Korea kedua yang melakukan tur dunia (yang pertama adalah Rain).

GD juga dikenal sebagai produser, yang mana pada tahun 2014 dia menulis dan memproduksi lagu untuk artis YG lainnya.

Dia menulis lagu "Good to You" dari album 2NE1, Crush. Dia juga bekerja di album kedua Taeyang Rise, menulis dan memproduksi single utama "Ringa Linga" dan "Stay With Me", dan menjadi teman duet Taeyang di lagu “Stay With Me”.

Pada November 2014, G-Dragon dan Taeyang membentuk duo dan merilis single "Good Boy" yang memulai debutnya di No. 1 di chart Lagu Digital Dunia Billboard.

Hal itu menjadikan mereka sebagai artis ketiga Korea yang berhasil menduduki puncak tangga lagu tersebut setelah PSY dan 2NE1.

Saat itu, single tersebut memiliki lebih dari 1,2 juta unduhan di Korea Selatan.

Sementara video musiknya melampaui 100 juta penayangan di YouTube dan saat itu membuat BIGBANG menjadi grup pria Korea pertama yang memiliki tiga video dengan jumlah penayangan YouTube sebanyak itu.

Pada bulan Desember di tahun yang sama, GD berkolaborasi dengan Skrillex dan Diplo untuk lagu "Dirty Vibe" yang juga menampilkan CL.

Single ini berhasil menduduki posisi No 15 di Billboard's Hot Dance/Electronic Songs dan No 21 di Dance/Electronic Digital Songs, membuat mereka sebagai artis Korea pertama yang mendarat di chart tersebut.

Selain itu, pada tahun 2015, ia juga menulis dan memproduseri lagu untuk album Welcome Back, album debut grup YG Entertainment, iKON.

Pada 2017, sebelum pergi wajib militer, GD merilis album terbaru berjudul Kwon Ji Yong dengan lagu utama “Untitled, 2014”.

Album Kwon Ji Yong juga menduduki puncak album iTunes di seluruh dunia dan tangga lagu iTunes Eropa membuatnya menjadi solois Korea pertama yang melakukannya.

Di Amerika Serikat, Kwon Ji Yong menjadi album terlaris hanya dalam satu hari dan entri ketiganya di Billboard 200 dan nomor satu di Album Heatseeksers.

Selain itu, album itu menjadi chart-topper ketiganya dan yang pertama oleh solois Korea untuk menghabiskan beberapa minggu di Billboard World Albums.

Jumlah Kekayaan G-Dragon


Pada 2012, G-Dragon membangun hotel sebagai hadiah untuk keluarganya. Penggemar juga bisa menginap di hotel ini yang sekarang dijalankan sebagai bisnis oleh orang tuanya.

Pada tanggal 20 Oktober 2015, G-Dragon secara resmi membuka kafe pertamanya di Pulau Jeju, dengan nama Monsant Cafe.

Kemudian, pada tahun 2017, kafe keduanya bernama Untitled, 2017 yang terinspirasi dari judul lagunya dibangun, bersama dengan arena bowling yang dirancang oleh G-Dragon.

Kafe itu terletak di dalam kompleks gedung YG Republique, YG Entertainment di Kota Jeju Shinhwa World resor.

GD juga kerap menjadi bintang iklan untuk sejumlah merek terkenal di Korea. Pada 2017, GD juga menjadi brand ambasaador untuk merek terkenal, Chanel.

Pada 2016, GD meluncurkan produk fesyennya sendiri, Peaceminusone. Ia bekerja sama dengan stylist yang telah lama bekerja bersamanya, Gee Eun dan membuka toko online.

Produk Peaceminusone mencakup koleksi pakaian, kaus kaki, topi, perhiasan, dan in-ear headphone dan masih banyak lagi. Hingga akhirnya, GD memutuskan toko fisik Peaceminusone dibuka di Dover Street Market di London dan di Seoul.

Pada 2018, jumlah kekayaan bersih GD ditaksir hingga 40 miliar won atau 40 juta dolar AS, setara dengan Rp563 miliar (kurs Rp14.090).

Kekayaan tersebut didapatkan GD dari semua bisnis, iklan dan hak cipta lagu yang ia miliki.

Sementara itu, pada 2021, total kekayaan GD ditaksir hanya mencapai 30 juta dolar AS (Rp422 miliar).


Baca juga artikel terkait G-DRAGON atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Musik)

Penulis: Maria Ulfa
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight