Frozen 2 Raih $350 Juta, Pendapatan Debut Terbesar Film Animasi

Oleh: Sirojul Khafid - 25 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Frozen 2 jadi film animasi dengan pendapatan debut terbesar secara global, yaitu $350 juta.
tirto.id - Frozen 2 dari Walt Disney Animation Studios memecahkan rekor debut pekan pertama dengan 127 juta dolar Amerika Serikat (AS) secara domestik dan $223,3 juta secara internasional di 37 negara. Dilansir The Hollywood Reporter, debut dengan total $350,2 juta ini merupakan yang terbesar untuk film animasi.

Frozen 2 juga film animasi pertama yang menembus pendapatan $100 juta yang rilis di luar liburan musim panas. Sampai saat ini, Frozen 2 berada dalam urutan ketiga film animasi dengan debut domestik terbesar sepanjang sejarah. Urutan pertama masih ditempati Incredibles 2 yang rilis 2018 ($182,7 juta) dan Finding Dory 2016 ($135,1 juta).

Selain catatan baik di Amerika Serikat, Frozen 2 juga menulis sejarah baik di luar negeri, termasuk pendapatan debut terbaik sepanjang masa untuk film animasi di Inggris ($17,8 juta) dan Perancis ($13,4 juta), serta yang terbesar untuk judul Pixar atau Disney Animation di Cina ($53 juta), Jepang ($18,2 juta), Jerman ($14,9 juta) dan Spanyol ($5,8 juta). Film ini debut terbesar ketiga dari seluruh genre film di Korea Selatan ($31,5 juta).

Frozen pertama memulai debut pekan pertama dalam negeri tahun 2013 dengan mencatat rekor pendapatan sebesar $93 juta, termasuk $67 juta untuk tiga hari di akhir pekan.

Box Office Mojo melansir, selama penayangannya, Frozen menghasilkan lebih dari $1,28 miliar secara keseluruhan. Lebih dari 873 juta dolar berasal dari pendapatan secara internasional. Frozen juga mendapatkan berbagai penghargaan, termasuk Oscar tahun 2014 sebagai Film Animasi Terbaik. Sampai saat ini, Frozen menjadi film dengan pendapatan terbesar sepanjang sejarah urutan 15.

mengisahkan kelanjutan petualangan Elsa dan Anna di hutan ajaib. Dalam trailer Frozen 2 ditampilkan sosok sosok Anna dan Elsa ketika masih anak-anak. Keduanya sedang mendengarkan sebuah dongeng tentang hutan ajaib penuh sihir yang diceritakan oleh ayah mereka.

Dahulu kala hutan ajaib itu menyenangkan hingga suatu ketika tempat itu terkunci oleh sihir gelap yang membuat manusia tak lagi bisa masuk atau pun keluar dari sana.

Adegan kemudian berpindah ketika sesuatu yang buruk menimpa Kerajaan Arendelle dan memaksa semua orang pergi untuk mencari perlindungan. Tak hanya itu, trailer juga menunjukkan Elsa yang sering mendengar suara-suara misterius dan tidak tahu dari mana datangnya.

Elsa pun turun tangan untuk menangani segala kejadian yang terjadi. Tindakannya mengantarkan ia ke sebuah tempat jauh di utara yang diduga lokasi hutan ajaib itu berada. Dia bersama dengan Anna, Kristoff, dan Olaf berangkat menuju hutan ajaib tersebut dengan penuh rintangan badai, gelombang laut, monster dan kekuatan sihir lain yang mengancam.

Selain untuk menyelamatkan Kerajaan Arendelle dan mencari tahu semua kejanggalan yang terjadi, petualangan ini juga akan menguak asal usul kekuatan yang dimiliki Elsa, demikian sebagaimana ditulis CNN.

Frozen 2 disebut berfokus pada kisah petualangan seperti film pertamanya, yang tidak akan membawa kisah romantis untuk karakter Elsa.

"Ada begitu banyak film yang mendefinisikan seorang perempuan dengan kisah romantisnya. Itu bukan cerita yang ingin kami ceritakan pada saat ini," kata penulis lagu film, Aderson-Lopez, sebagaimana dikutip dari Digital Spy.

Pemeran Anna, Kristen Bell, menyatakan dalam sebuah wawancara bersama Independent, sekuel ini tidak seperti biasanya, tetapi lebih kepada kisah yang harus diceritakan.

Sekuel ini masih dibintangi Idina Menzel, Kristen Bell, Jonathan Groff, dan Josh Gad. Adapula kehadiran tokoh baru, Yelana, yang akan diperankan oleh Martha Plimpton.


Baca juga artikel terkait FROZEN 2 atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Kontributor: Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight