Fraksi PKS Berharap Panglima TNI Baru Punya Solusi Masalah Siber

Oleh: Alfian Putra Abdi - 8 November 2021
Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PKS berharap Jenderal Andika Perkasa punya strategi dan solusi jitu soal masalah siber.
tirto.id - Anggota Komisi I DPR RI Sukamta meminta calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa untuk memperkuat pertahan siber dan bawah laut di Indonesia. Ia berharap Jenderal Andika punya strategi dan solusi jitu menyelesaikan persoalan tersebut.

"Beberapa tahun terakhir pertahanan siber dan bawah laut Indonesia berulangkali bobol. Hacker membobol situs-situs pemerintah, mengambil data-data strategis negara. Sedangkan seaglider memetakan bawah laut Indonesia dengan beragam potensi lautannya," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (8/11/2021).

DPR RI menyetujui KASAD Jenderal Andika Perkasa menjadi calon Panglima TNI menggantikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Persetujuan tersebut diputuskan dalam sidang rapat paripurna hari ini (8/11/2021).

Sukamta juga berharap Jenderal Andika dapat merumuskan langkah taktis, strategis, dan humanis untuk menjaga kedaulatan NKRI di wilayah perbatasan, seperti Kaut Natuna Utara dan perbatasan Papua dan Papua Nugini.

Sebab dua wilayah tersebut sudah menjadi perhatian nasional dan internasional.

Jenderaal Andika juga diharapkan mampu memperbaiki kualitas hidup dan profesionalitas prajurit TNI. Jangan ada lagi berita-berita tentang kondisi memprihatinkan anggota TNI beserta alutsitanya yang tengah berjuang di garda depan pertahanan negara, kata Sukamta.

"TNI harus terus memperkuat dan memelihara alutsista pertahanan dengan baik. Selain itu harus mengedepankan industri pertahanan dalam negeri," ujar politikus PKS ini.



Baca juga artikel terkait atau tulisan menarik lainnya Alfian Putra Abdi
(tirto.id - Politik)

Reporter: Alfian Putra Abdi
Penulis: Alfian Putra Abdi
Editor: Abdul Aziz
DarkLight