Fraksi PDIP Lanjutkan Interpelasi Meski Formula E Jakarta Rampung

Reporter: Riyan Setiawan - 7 Jun 2022 12:38 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Fraksi PDIP mendorong Pimpinan DPRD DKI segera menggelar rapat Bamus untuk mengagendakan rapat paripurna terkait interpelasi Formula E.
tirto.id - Ketua Fraksi PDIP di DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono memastikan fraksinya tetap melanjutkan interpelasi meski acara balapan mobil listrik Formula E 2022 telah rampung pada 4 Juni kemarin.

"Interpelasi bukan berhenti karena Formula E sudah terlaksana," kata Gembong kepada wartawan, Selasa (7/6/2022).

Fraksi PDIP mendorong Pimpinan DPRD DKI Jakarta segera menggelar rapat badan musyawarah (Bamus) untuk mengagendakan rapat paripurna yang sebelumnya diskors akibat tidak kuorum pada 28 September 2021.

Saat itu, pihak yang melayangkan interpelasi Formula E hanya 33 anggota DPRD DKI dari Fraksi PDIP dan PSI. Sementara tujuh fraksi lainnya menolak dan belum menentukan pilihan.

Dalam agenda Interpelasi, DPRD DKI mempertanyakan mengenai penyelenggaraan Formula E, seperti Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang telah dikeluarkan sebesar Rp560 miliar, sirkuit yang dibangun Rp60 miliar, dan sebagainya.

"Supaya terang benderang pengelolaan APBD dalam ajang balap mobil listrik, dan tidak menimbulkan praduga yang bermacam-macam," ucap Gembong.

Anggota Komisi A itu pun meminta kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI agar jangan hanya mengejar kesuksesan acara Formula E saja.

Namun di satu sisi, kata dia "mengabaikan soal transparansi pengelolaan APBD-nya".

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan panitia penyelenggara Formula E Jakarta akan melaporkan pertanggungjawaban seluruh proses ajang balap mobil listrik di Ibu Kota itu. Riza menyebut pelaksanaan Formula E Jakarta dilakukan terbuka dan transparan.

"Semuanya ini sangat terbuka sangat transparan. Pasti nanti pada waktunya akan disampaikan dilaporkan semua proses selama ini, kegiatannya sampai pertanggungjawabannya," ucap Riza dikutip dari Antara.


Baca juga artikel terkait HAK INTERPELASI FORMULA E atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Politik)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight