Fraksi Golkar Nilai Jokowi Serius Pindahkan Ibu Kota ke Kaltim

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 26 Agustus 2019
Jokowi resmi mengumumkan pemindahan ibu kota baru ke Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur.
tirto.id - Ketua Komisi II dari Fraksi Golkar Zainudin Amali menyambut baik langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akhirnya mengumumkan lokasi ibu kota baru hari ini, Senin (27/8/2019).

Menurutnya, pengumuman itu menjadi bukti keseriusan pemerintah untuk menjalankan gagasan pindah ibu kota.

“Pertama, saya kira ini menunjukkan bahwa pemerintah ini serius. Pak Presiden sudah benar-benar mau melaksanakan ini,” kata dia di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (26/8/2019).

Amali menambahkan, pernyataan Jokowi ini sekaligus menjawab keraguan masyarakat tentang kesungguhan rencana pindah ibu kota.

“Kan ada orang yang mengatakan bahwa ini hanya pengalihan isu, tidak sungguh-sungguh. Ternyata hari ini terbantahkan itu. Jadi presiden menyampaikan bahkan lokasinya sudah disampaikan. Itu berarti bahwa pemindahan ibu kota ini serius,” tegas dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan lokasi ibu kota baru Indonesia yang akan menggantikan Jakarta. Ibu kota baru itu akan terletak di dua kabupaten yang ada di Kalimantan Timur.

"Berdasarkan riset tiga tahun," kata Jokowi di Istana, Senin (26/8/2019) siang,

"Lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur,” tambah Jokowi.


Baca juga artikel terkait PEMINDAHAN IBU KOTA atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Politik)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight